Pelajar Indonesia di China?

Pertanyaan yang mungkin sering menjadi “beban” pikiran kita *wuss gaya amat huahahaha* ketika ingin menempuh studi di China adalah “Apakah ada orang Indo ya di sana?”, “Duhh.. kalau gak ada orang Indo di sana gimana nihTemenan sama sapa gue ntar?”, dll. Bagi teman2 yang punya pikiran2 seperti ini, jangan panik dulu. Karena semakin lama jumlah pelajar Indo di China juga semakin meningkat kok dan saat ini pun pelajar2 Indo tersebar di berbagai kota di China. Pada postingan saya kali ini, saya akan berbagi dengan teman2 mengenai kota2 mana saja di China yang terdapat pelajar Indo di dalamnya, serta bagi teman2 yang (udah pasti) hendak studi di salah satu kota di bawah ini dan ada yang ingin ditanyakan mengenai kota tersebut, serta ingin berkenalan dulu dengan anak Indo yang ada di sana, bisa menghubungi saya untuk info kontaknya lebih lanjut. Eitss.. bukan berarti saya pasti punya kontak mereka ya hehehe, tapi teman2 saya kebetulan tersebar di berbagai kota di China juga, jadi yaaa.. semoga saya bisa membantu hehehe. Dan inilah list-nya yang ditunggu-tunggu (disusun berdasarkan alfabet) 😉 :

  1. Beijing
  2. Changchun
  3. Changsha
  4. Chongqing
  5. Guangzhou
  6. Guilin
  7. Haikou
  8. Hangzhou
  9. Harbin
  10. Hefei
  11. Hongkong
  12. Liuzhou
  13. Nanchang
  14. Nanjing
  15. Nanning
  16. Ningbo
  17. Qingdao
  18. Shanghai
  19. Shenyang
  20. Suzhou
  21. Tianjin
  22. Wuhan
  23. Xiamen

Kalau kota yang ingin teman2 tuju tidak ada dalam daftar di atas, belum tentu di kota tersebut tidak ada orang Indo-nya ya. Saya menulis daftar tersebut berdasarkan pengetahuan saya saja kalau di kota2 tersebut ada pelajar Indo-nya, bukan berarti selain yang saya tulis di atas pasti tidak ada orang Indo-nya hehehe, saya juga akan selalu berusaha meng-update bila ada kota tambahan lainnya :). Jika kota pilihan teman2 tidak tertulis dalam daftar tersebut, teman2 bisa meninggalkan komentar di bawah, sebutkan saja kota yang hendak teman2 tuju, siapa tau saya bisa membantu teman2 untuk informasi lebih lanjut. Semoga bermanfaat ya 😀

20 thoughts on “Pelajar Indonesia di China?

  1. selamat siang kak, kak aku di shanghai di tongji univ. tongji itu univ bagus enggak kak,??
    boleh minta kontak kakak danvtrmannya dibtongji yah kak. line,bm,wa. terima ksih kak

    Like

  2. Sorry kak mau nanya. Aku kterima di univ. Jiangsu. Ada orang indo gk kak disana? di nanjing.?Klo ada info nya kak. Ini id line aku: ezwazama atau kontk aku +628127432590 Kak klo info nya udh dpet Mhon kontak aku secpatnya kak. Thank you kak.

    Like

  3. Halo kak, kebetulan aku keterima di Guizhou univ. Kalo di Guizhou/Guiyang ada mahasiswa/temen kk org indo juga g kak? Kalau ada tolong infonya yaa kak, ini kontak aku +6282234816037
    Terimakasih sebelumnya 😊

    Like

  4. Hello kak lili,
    Saya diterima di harbin university of commerce, apakah kak lili mempunyai kontak teman2 yanv berada di harbin? Terimakasih

    Like

  5. ci, aku skrg masih SMA nih, rencana mau ke jinan university lewat yayasan di kota aku gitu, kira’ mendingan lewat yayasan atau daftar CGD sendiri? trs ada kawan cici yg di jinan/guangzhou ga?
    thanks ci 🙂

    Like

  6. ci, punya rekomendasi kota mana yang cocok buat belajar bahasa mandarin ga? yang biaya hidupnya ga mahal trus di kotanya ga banyak polusinya. xiexie ci

    Like

    • Biaya hidup mahal atau tidak, relatif ya, karena standar tiap orang berbeda-beda. Mungkin bisa coba cek xiamen atau hangzhou, cuma org indonya di sana lmyn byk hehehe..

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s