Sekilas tentang Kota Tianjin, China

Tianjin Eye

Bulan Februari 2014 adalah waktu pertama kali saya menginjakkan kaki di Tianjin. Nggak terasa udah kurang lebih satu tahun saya tinggal di kota ini 🙂 Selama setahun ini pula, saya memperoleh banyak pengalaman yang menyenangkan dan tak terlupakan. Overall, saya pribadi menyukai tinggal di kota ini (bukan promosi ya hahaha, tapi memang kenyataan 😛 ).

Sebagai informasi, kota Tianjin terletak di bagian timur-utara China, berdekatan dengan kota Beijing. Mungkin teman2 sudah banyak yang tahu kota Beijing terletak di mana, nah kota Tianjin di sebelahnya gitu deh. Bahkan saking dekatnya, mereka yang tinggal di Tianjin bisa mengunjungi Beijing hanya dalam waktu sekitar 30-40 menit saja dengan menggunakan kereta cepat. Oh ya, Tianjin sendiri bisa disebut sebagai kota metropolitan dan merupakan salah satu kota terbesar di Cina (selain Beijing, Shanghai, dan Guangzhou), tapi entah kenapa kota Tianjin ini sepertinya kurang populer di kalangan orang Indonesia.

Bagi saya pribadi, ada beberapa hal yang membuat saya memilih kota Tianjin, yakni:

  1. Posisi kota yang terletak di daerah utara, tapi juga tidak terlalu utara, sehingga pada waktu musim dingin tidak terlalu dingin (sekitar –5s/d -10oC). Lhoo?? Katanya nggak dingin2 amat, masa minus begitu nggak dingin sihh?? Upss.. yang saya maksud tidak terlalu dingin yaitu dinginnya itu masih dalam tahap wajar, terutama bila dibandingkan dengan kota2 lain yang letaknya lebih utara lagi, misalnya Harbin. Dan yang saya suka adalah karena kota Tianjin letaknya termasuk daerah utara, maka kota ini mendapat jatah “pemanas” atau bisa disebut semacam “heater” dari pemerintah, sehingga ketika musim dingin datang, kalau kita berada dalam ruangan masih cukup nyaman kondisinya (terutama bila dibandingkan dengan kota2 di daerah selatan China). FYI, kota2 yang terletak di daerah selatan China, misalnya Guangzhou, Xiamen, dll, meskipun pada waktu musim dingin tidak sedingin kota2 yang terletak di daerah utara, tapi kota2 di daerah selatan tidak memperoleh heater dari pemerintah, jadi ketika berada dalam ruangan (menurut saya pribadi) lebih dingin dan lebih tidak nyaman, terutama waktu tidur hehehehe…
  2. Termasuk kota metropolis, tapi jumlah penduduknya tidak sebanyak kota2 seperti Beijing dan Shanghai, sehingga cukup nyaman bila kita hendak berjalan-jalan atau belanja karena tidak terlalu padat. Naik angkutan umum pada jam2 tertentu, misalnya jam berangkat dan pulang kerja, memang bisa sedikit padat, tapi masih bisa ditoleransi dibandingkan kota seperti Beijing, yang penduduknya sudah terlalu ramai, sehingga harus (sangat) berdesak-desakan kalau mau naik angkutan umum, terutama pada jam2 sibuk tersebut. Selain itu, yang penting juga adalah biaya hidup di sini masih terjangkau dan tidak semahal kota tetangga (baca: Beijing).
  3. Di Tianjin ada dua universitas yang terkenal dan memiliki peringkat yang cukup baik di antara univ2 di China, yakni Nankai University dan Tianjin University. Bagi kalian yang ingin belajar bahasa mandarin, memilih salah satu di antara kedua univ. tersebut merupakan pilihan yang baik (menurut saya hehehe). Mengapa? Selain kualitasnya bagus, harganya pun relatif murah (bila dibandingkan dengan univ2 lain). Yang saya maksudkan relatif murah di sini adalah dengan pertimbangan peringkat kedua kampus tersebut dan letaknya yang berada di kota metropolitan. Banyak univ2 lain yang mungkin peringkatnya biasa2 saja, tapi karena letaknya di kota metropolitan, maka biayanya jadi mahal, atau univ.nya terletak di kota kecil, tapi peringkatnya bagus, sehingga biayanya mahal.
  4. Jumlah orang Indo tidak terlalu banyak, tapi juga tidak terlalu sedikit. Dengan kondisi yang demikian, menurut saya lebih kondusif untuk meningkatkan kemampuan kita dalam berbahasa mandarin, kita juga bisa bergaul dengan lebih banyak orang luar. Namun, pada saat yang bersamaan, ketika kita sedang ingin ngobrol dengan orang Indo atau membutuhkan bantuan dari mereka, kita juga masih bisa meminta tolong kepada mereka.

Nah, kalau ditanya apa dukanya tinggal di kota Tianjin, jawaban saya cuma satu: “Polusi!”. Yup, kota Tianjin sering mengalami polusi udara (akibat adanya pabrik2). Cara untuk menangani masalah ini yaitu kalau hari sedang tercemar polusi, hindari keluar asrama bila tidak perlu, bila harus keluar, jangan lupa memakai masker hehehe..

Jadi, singkat cerita, kota Tianjin cocok bagi kalian yang: 1. Menyukai kota metropolis (tapi biaya hidup relatif lebih murah); 2. Tidak suka kota yang terlalu padat penduduk, macet dsb; 3. Tidak terlalu banyak orang Indo; 4. Tidak terlalu suka dingin.

Tapi kurang cocok bagi kalian yang: 1. Menyukai kota dengan pemandangan yang indah; 2. Suka bergaul dengan banyak orang Indo; 3. Punya tujuan untuk berdagang/bisnis (mencari peluang bisnis, mencari barang dagangan dsb).

Oke dehh.. sekian aja cerita saya mengenai kota Tianjin ini. Bila ada yang belum jelas atau ingin mengenal kota Tianjin lebih jauh, silakan memberikan komentar di bawah.

Have a wonderful day guys!!

13 thoughts on “Sekilas tentang Kota Tianjin, China

  1. Sempat mau ngirim berkas ke tianjin normal univ jg tahun ini, tapi udah kirim berkas di tiga universitas jadi yang disini batal aku kirim. Padahal respon dari TJNU international officenya bagus. Aku jg udah dikirimin form untk TJNU.nya. Boleh tau ngga mbak kalo dorm.nya d sana ky gimana? Soalnya ada temenku yg daftar d sana.

    Like

  2. Ce kira” cost hidup d sana sebulan brp ya ? Ad line ga spy bisa tanya”
    Id line saya : reynaldoyapano
    Please info very need
    Februari 2018 saya brkt ke sana soalny dan saya belum tau apa” makasih

    Like

  3. Ce kira” cost hidup d sana sebulan brp ya ? Ad line ga spy bisa tanya”
    Id line saya : reynaldoyapano
    Please info very need
    Februari 2018 saya brkt ke sana soalny dan saya belum tau apa”
    Thanks before

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s