Perkiraan Biaya Hidup di China

Berikut merupakan perkiraan biaya hidup di China. Sebelumnya, mohon teman-teman memperhatikan beberapa hal berikut:

  1. Perkiraan biaya berikut adalah perkiraan biaya hidup di China per bulan.
  2. Mata uang yang digunakan dalam RMB (mata uang China). 1 RMB = Β± Rp 2.260,00 (per 15 Februari 2021).
  3. Perkiraan biaya berikut tidak termasuk biaya sekolah/kuliah dan biaya untuk belanja (misal: belanja pakaian, sepatu, aksesoris, dan sejenisnya).
  4. Perkiraan biaya hidup tertinggi adalah untuk kota2 seperti Beijing dan Shanghai. Sedangkan untuk kota2 lain, selama teman2 cukup hemat, bisa merujuk pada perkiraan biaya normal (biaya pada umumnya) atau perkiraan biaya terendah.
  5. Perkiraan biaya berikut hanya sebagai referensi saja. Tepat atau tidaknya perkiraan biaya ini juga tergantung dari gaya hidup masing-masing.

Perkiraan Biaya

Inilah kurang lebih perkiraan biaya hidup di China per bulannya. Semoga bermanfaat dan bisa menjawab rasa ingin tahu teman2 sekalian πŸ™‚ . Bila ada yang ingin ditanyakan, silakan leave comment di bawah.

Have a wonderful day guys!!

113 thoughts on “Perkiraan Biaya Hidup di China

    • untuk hp? bisa kok 4g.. di sini biasa nggak unlimited, ada kuotanya.. harga tergantung lg ada promo apa, perkiraannya kurang lebih seperti yg saya share di atas πŸ™‚

      Like

  1. Hai, saya sangat tertarik mengikuti ulasan ini, insya Allah maret 2015 saya akan bekerja disana di daerah jiangou road, sentral place. Apakah ada semacam perkumpulan orang indonesia disana..terima kasih sebelumnya

    Like

  2. Halo. Terkait dengan usia. Apakah ada batasan usia utk appl beasiswa ini? Kalau ada batas max. nya di umur berapa?
    Terima kasih.

    Like

  3. Malem kak, kebetulan saya dpat beasiswa kuliah s2 pemerintahan daerah Jiangxi di Jiangxi normal university tapi beasiswanya hanya menanggung biasa asrama n kulyah saja, akhir Agustus Thun ini sy akan berangkat. Tapi bahasa Mandarin sy masih nihil banget, krna apply kmren menggunakan b.inggris. apakah masyrkt China familier dgn b.inggris? Klo misalnya kulyh sambil bekerja disana apa memungkinkan kak? coz visa yg di pakai adalah visa pelajar. Terimakasih πŸ˜ƒ

    Like

  4. Nope.. tidak banyak yg fasih berbahasa inggris, kecuali di kota besar mgkn masih agak lumayan.. Harus mulai belajar bhs mandarin ya dari sekarang hehehe πŸ™‚

    Bisa kok.. Bisa dng surat ijin (jika ingin dianggap legal).

    Like

    • Buku untuk belajar bhs biasanya termasuk, tp klo buku perkuliahan biasanya tidak termasuk. Tenang saja, harga buku di sini kebanyakan tidak mahal kok, dan bisa menggunakan uang biaya hidup yg diberikan πŸ™‚

      Like

  5. Ci saya mau nanya kalo mau kerja part time, bisanya kerja apa aja ya utk yg ambl s1
    Terus biasanya bs dpt berapa.

    Like

    • Wah, kalo itu relatif ya, mulai dari waiter sampai ke perusahaan jg bisa. Gaji jg bervariasi tergantung kota dan pekerjaan, kalo waiter bisa sekitar rmb 2000

      Like

  6. kakak, saya mau tanya dari mana ya kita bisa dapet info beasiswnya dn applynya itu susah ga ya?denger denger harus test HSK gitu kak.. mohon infonya ya..

    Like

    • Info apa ya maksudnya? Sudah saya share di blog ini ya. Untuk cara pendaftaran, bisa ke bagian “How to Apply”, mengenai HSK sudah saya share di bagian “FAQ”.

      Like

  7. Saya mau bertanya Mbak:
    1. Benarkah untuk awal studi kita haru menggunakan biaya pribadi dulu karena beasiswanya tidak langung cair?
    2. Dengan perkiraan biaya hidup di atas, apakah beasiswa yang diberikan cukup? Karena untuk S2 saya hanya 3500/bulan.
    Terima kasih jawabannya Mbak πŸ™‚

    Like

  8. Hallo, blognya sangat membantu, terima kasih.

    Mau tanya ya, saya rencana belajar bahasa di Hunan tahun ini. Untuk di Hunan banyak orang Indo gak? Lalu untuk misalnya mau kerja part time, untuk ijinnya itu kita ajukan kemana?
    Seperti surat2 dll perlu kita bawa aslinya, seperti ijazah dll?
    Terima kasih .

    Like

    • Halo. Thank u juga udah mampir.

      Hunan di mananya ya? Univ atau di kota mana?
      Tiap daerah memiliki aturan masing2, jadi sebaiknya nanti ditanyakan pada pihak yang berwenang setibanya di Hunan. Atau bisa tanya teman2 indo di sana yang punya pengalaman serupa. Dokumen2 penting, seperti ijazah, tidak ada salahnya dibawa πŸ™‚

      Like

  9. 姐姐ε₯½οΌ Salam kenal ^^ Terimakasih blognya sangat membantu sekali…… Smg dengan belajar dari pengalaman dan perjuangan Cici sy juga bisa mendapat δΈ­ε›½ζ”ΏεΊœε₯–学金 juga :)) 谒谒您

    Ci, mohon sarannya dong.
    Sy lagi cari univ mana yang berpeluang beasiswa, pilihannya baru ada 2 kota: Beijing dan Guangzhou …. Klau menurut Cici, lebih baik kuliah di Beijing atau di Guangzhou?
    Kalau di Guangzhou rencananya di Jinan Daxue ζš¨ε—ε€§ε­¦, kalau di Beijing εŒ—ε€§ sama εŒ—θ―­ …..

    Tapi yang pertama, katanya kalau di Beijing itu biaya hidupnya mahal kalo ga hemat-hemat. Jadi ragu yang di Beijing …. Tapi yang kedua, katanya kalau di Guangzhou itu dikelas pakai putonghua, diluar kelas pakai Guangdonghua (untungnya udah beli buku bahasa Canton xD) jadi rada bingung ……..

    Sy baru ada rencana di 3 univ itu, mungkin Cici bs kasi saran Ci …..

    Terus juga, skrng sy masi kelas 2 SMA, kalau daftar sekarang bisa ga Ci? Anggepan sy semakin cepat semakin baik. Hehe

    θ°’θ°’ζ‚¨ηœ‹δΊ†εˆε›žε€ζˆ‘ηš„δΏ‘ζ―

    Like

    • Maksutnya daftar sekarang itu daftar di website laihua, sy sdh ada akunnya, kalau mulai diisi bisa ga Ci? Xiexie

      Like

      • Halo. Thank u sebelumnya udah mampir ke sini πŸ™‚

        Hmm.. maksudnya mau kuliah jurusan apa ya?
        Sebenarnya semua kembali lagi ke pribadi masing2. Suka kota yang seperti apa. Karena beijing terletak di bagian utara, sedangkan guangzhou di bagian selatan cina, sehingga dari segi iklim pun juga berbeda (bukan hanya biaya hidupnya saja yang berbeda).

        Masalah biaya hidup, memang di beijing lebih tinggi, tapi kalau berhemat, uang saku yang diberikan dari program beasiswa itu sendiri sebenarnya cukup kok.

        Mengenai form pendaftaran online, sebaiknya diisi nanti saja, tidak perlu diisi sekarang πŸ™‚

        Like

        • Hai, Ci….

          Rencanana mau ambil Bahasa dan Sastra Ci …… Kalau sy pribadi rencananya di Beijing kalau diterima…. Kalau tdk diterima, sy pilih option yg di Guangzhou

          Nah, ini Ci yg sy tunggu….. Sy ragu kalau misal program beasiswa memberi uang saku katakanlah 2000 yuan sebulan apa cukup untuk sebulan walau sudah berhemat ….. Tp syukurlah kalau Cici berkata kalau kita bisa berhemat nantinya uang itu cukup, sy semakin terdorong untk belajar di sana …….

          Mmm, menurut Cici peluang terbesar untuk bs mendapat beasiswa itu, pihak mereka lebih melihat dari sisi apa? Apakah dari HSK, nilai mapel, dan surat rekomendasi

          Terus Ci, apa yg harus sy siapkan dr skrng selain motivation letter dan HSK? Biar besok2 tdk bingung utk persiapannya…….

          Thx a lot Ci ^^

          Like

  10. ka ,aku ada niat nnti mau tinggal disana sehabis kuliah ,kira” untuk bayar sewa kontrakannya berapaan yah,tapi bukan asrama ka ? ,trus kalo mau ambil beasiswa gitu persyaratannya apa ajayah? btw kk tinggal dimananya ?

    Like

    • Biaya tempat tinggal sangat relatif ya, tergantung kondisi dan kota juga. Yang murah sekitar RMB 1000/bulan jg ada, yang lebih mahal sampai 5000/bulan jg ada:)

      Persyaratan sudah saya share di bagian β€œHow to Apply” ya.

      Saya di Tianjin.

      Like

  11. Ce, maaf tanya lagi hehehe πŸ˜€
    itu kan sdh di perkirakan bawa uang saku sendiri dari Indonesia ke Tiongkok. nah untuk biaya dari daerah sendiri ke Tiongkok jg biaya sendiri kan Ce. nah pertanyaannya?
    1. Apakah uang saku yang diberikan RMB 2500/bulan itu yang dipakai untuk biaya hidup disana, seperti yg tertera di tabel yg Ce Lily buat?
    2. Untuk perkirakan dalam Rupiah kira2 berapa ya Ce, untuk pertama kesana dan memasuki perkuliahan?
    謝謝 πŸ˜‰

    Like

    • 1. Kurang paham no. 1 maksudnya apa ya? Intinya sih tabel di atas hanya untuk acuan saja.
      2. Dalam rupiah kursnya sudah saya share di atas ya. Untuk pertama kali ke sana, juga sudah saya share di post yg lain ttg persiapan sebelum ke china.

      Like

  12. No. 1. kan mendapatkan uang saku perbulannya 2500. untuk perkiraan biaya hidup hemat kan 1555. Jadi, 2500 – 1555 = 945/bulan sisa uang saku. atau uang yg 1555 itu biaya sendiri tdk mengganggu uang saku yg diberikan? πŸ™‚

    Like

    • Sepertinya kurang tepat pemahamannya ya. Intinya spt ini: untuk s1 mendapat uang saku RMB 2500/bln, katakanlah per bulan km habis RMB 1500. Tidak masalah km mau menggunakan uang saku beasiswa untuk menanggung biaya ini atau ingin meminta uang saku tambahan kpd ortu untuk menanggung biaya hidup.

      Intinya, km memperoleh uang saku RMB 2500/bln, terserah ingin digunakan untuk apa.

      Like

  13. Ok, Ce.. 1. berarti selama disana tdk mengganggu keuangan ortu kan?
    2. ketika lulus apakah bisa bekerja disana atau kembali ke Indo?
    3. pasti ada libur panjang nya kan, itu boleh pulkam tdk Ce?
    kamsia

    Like

  14. ci persyaratan apply beasiswa ke china itu gimana ya? saya pengen belajar bahasa disana. apa bisa buat yang gak bisa bahasa mandarin untuk dapat apply beasiswanya?

    Like

  15. kak saya mau tanya, kalo ngelamar kerja disana bagaimana ya? saya ingin kuliah disana sambil bekerja. Tapi yg saya dahulukan adalah bekerja lalu daftar kuliah. apakah bisa ngelamar kerja lewat online? terimakasih

    Like

  16. ci mau tanya, aku kan sekarang semester 8 jurusan konseling (sudah mau lulus, sdg ambil skripsi juga). aku mau ambil beasiswa.
    1. masih bingung beasiswa yang bisa diambil itu untuk jurusan apa aja? soalnya aku kan blm bisa bahasa mandarin juga
    2. gimana apply nya kalo kondisi nya aku masih blm graduate?

    makasih

    Like

    • Saya bantu jawab πŸ™‚
      Jurusan yang diambil sesuai pilihan kita, cman kita sesuaikan dengan jurusan yg available di kampus tujuan kita aja.. Untuk bahasa mandarin sndiri, cgs ada sediain 1 tahun belajar kok sebelum mulai kuliah.
      Setau saya nanti yang dilampirkan nilai sampai semester 5 kalau ngga salah, sama ada surat keterangan akan lulus di tgl sekian.. hehe

      Like

    • 1. Bisa dicek ke web cgs nya ya, sudah di-share di sini πŸ™‚ untuk bahasa, detailnya bisa dicek ke bagian FAQ.
      2. Bisa minta surat keterangan dari kampus yang menyatakan km akan lulus tahun ini dan lampirkan nilai dari semester 1-7 πŸ™‚

      Like

  17. Ci , boleh nnya nih , apakah beasiswa CGS itu ada sampai tamat atau hanya tahun pertama dan untuk sterusnya dilihat dr prestasi kita ? Intinya , apakh csc tetap bertaham jika seandainya nilai kita tiba2 anjlok?

    Like

  18. kak mau nanya, aku ada nyoba register CGS tapi ga bisa pake gmail dan yahoo, jd aku coba pakai hotmail tapi tetep ga bisa? kakak bisa rekomendasiin pake email apa yang bisa buat log-in?

    Like

  19. kak, saya mungkin bulan depan akan bekerja di beijing.
    inti perkiraan biaya di beijing kota ?
    ada email or Whatsapp ga kak. saya mau tanya banyak..

    mohon bimbingannya
    email saya : A.lie70@yahoo.com

    Like

  20. apa yang ditanggung pemerintah cuma biaya kuliah saja dan yang ditanggung saya sebulan seharga yang di atas ya? kalau sakit apa berarti ditanggung sendiri biayanya?

    Like

    • Mengenai apa aja yang di-cover oleh beasiswanya, bisa cek bagian FAQ. Tergantung sakitnya ya, ada asuransi, tp sistemnya harus ditanyakan ke pihak sekolahnya. Jangan berpikir tentang sakit dulu ya hehehe πŸ™‚

      Like

  21. ci mau tanya untuk program s2 dan s3 tentang kesehatan yang populer di china dan biayanya kualitas bagus dimana ya ci, atau boleh minta CP nya buat tanya2 ci. terimaksih ci

    Like

  22. cie lily…mau tanya.
    Suami saya kemungkinan akan melanjutka s3 di Nanjing University of Art.Saya dapat info kalo beasiswa 3500 RMB. pertanyaan saya..apakah beasiswa segitu itu bisa untuk kehidupan keluarga dengan 1 anak yang akan sekolah setingkat smp?

    Like

    • Tergantung lokasi ya, bisa sekitar RMB 6000-9000/semester (mungkin bs lebih murah atau bahkan lebih mahal tergantung tempatnya). Bekerja part time kah mksdnya? Agak susah ya menurut saya, karena belum termasuk biaya hidup sehari-hari πŸ™‚

      Like

  23. hi, saya baru baca blog kamu. saya berusaha add wechat groupnya kok expired yah kodenya?
    ada kontek lain?
    saya chaca, mau tanya beberap tntng s2 disana.

    Like

    • 1. Bisa dicari-cari dahulu kira-kira ingin kuliah di univ mana.
      2. Setelah menemukan univ yang diinginkan, bisa langsung hubungi ke bagian international officenya yg biasa khusus melayani international students.

      Like

  24. Halo. Ak mau contact via email. Tp ga kliatan dmn email ny. Ap email ny ya? Trs mau msuk grup we chat ud full. Mohon blas sis

    Like

  25. oh iya mbg..
    kalu di china kebutuhannya iyu dabyar oleh org sana.apa kita yg harus membayarnya setip
    bulannya .dan saya inssaallh akan brangkat ke sana thun 2021… doakan ya embag

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s