About CGS and Living in China …

Segala pertanyaan mengenai CGS

Cara mendaftar CGS

Step-by-step mengisi formulir online pendaftaran CGS

Pengalaman pribadi mendaftar CGS

Kumpulan website penting beasiswa studi ke China

Beasiswa Studi Bahasa Mandarin (Degree/Non-Degree)

Biaya hidup di China

Ranking Universitas-universitas di China

Q&A Living in China

Persiapan sebelum studi ke China

About Tianjin

Belajar bahasa Mandarin di Tianjin

617 thoughts on “About CGS and Living in China …

  1. selamat siang mba, saya chyntia sedang persiapan untuk beasiswa CGS 2016. boleh bertanya melalui email kah mba? boleh tau email nya mba. maaf merepotkan

    Like

  2. 你好! 🙂 Saya sedang menjalani studi S1 (tahun pertama) jurusan Hubungan Internasional (literatur kuliah menggunakan Bahasa Mandarin), di salah satu perguruan tinggi di Cina. Sebenarnya, saya sudah tinggal di Cina selama hampir 4 tahun, dan saya sudah memperoleh HSK, walaupun saat ini sertifikat HSK 5 saya sudah expired (maksimal masa berlaku sertifikat adalah dua tahun). Selama ini, saya menggunakan uang pribadi dr keluarga dan salah seorang kerabat saya di Cina, untuk memenuhi semua biaya perkuliahan saya (uang kuliah, asrama, living cost, dll)…

    Pertanyaan saya adalah, apakah dengan kondisi saya skrg ini, masih bisa apply beasiswa Pemerintah Cina tanpa harus mengulang dari awal studi yg saya jalani? dengan kata lain, saya bisa memperoleh beasiswa “di tengah-tengah” masa perkuliahan saya?

    Terimakasih! 🙂

    Like

    • Halo 🙂
      Kalau untuk CGS dari pemerintah pusat biasanya memang harus mengulang dari awal. Bila beasiswa untuk di “tengah2”, silakan mencoba Chinese Local Government Sholarships ya, entah apakah di kota tempat km studi pemerintah lokalnya menyediakan scholarship. Namun, biasanya beasiswa yg diberikan tidak full, misal free tuition, tp biaya hidup tetap ditanggung sendiri.

      Like

  3. Halo mba, maaf mau nanya terkait kolom guarantor di application form. Gini mba, saya mau daftar beasiswa tsb, tp saya bener2 gaada keluarga or temen disana, sehingga kolom guarantor selalu saya kosongkan (krn sy pkir tidak wajib krn tanpa tanda merah bintang). Nah, apakah ini akan berdampak pada seleksi saya nantinya ? saya tunggu balesannya ya mba, hehe xie xie

    Like

  4. hallo kak, saya mau nanya kalo dari d3 di indonesia bisa gak ya untuk ekstensi s1 ke cina? apakah persyaratannya sama seperti s1 atau gimana? terimakasih

    Like

      • kak, sya skarang kuliah d3 di kampus jiangsu agri-animal husbandry jurusan lanscape arsitechture semester 5. saya ingin sekali lulus d3 lanjut s1 tetap di china. tapi sya kesulitan mencari informasi beasiswa dari pemerintah china baik china goverment sampai jiangsu goverment. saya mohon bantuan kakak untuk informasi beasiswa d3 ke s1. thanks.

        Like

        • Klo untuk d3 ke s1, saya kurang tahu bisa atau tidak kalau beasiswa. Mungkin kampus2 tertentu ada yang mau menerima, tp sementara ini saya belum ada info mengenai hal ini 🙂

          Like

  5. untuk jurusan bisnis kak.. tapi mau ekstensi nya pindah jurusan ke manajemen gitu, bisa gak ya kak? hehe trus mau nanya kalo misalnya mau apply beasiswa yang untuk belajar bahasa mandarin di china selama setahun itu namanya apa ya kak? dan caranya bagaimana? terimakasih

    Like

  6. Halo..
    Senang sekali bisa berkunjung ke blog ini karena banyak informasi yg saya dapatkan mengenai beasiswa pemerintah Cina. Jadi, begini… Saya tahun depan ada rencana ingin ambil chinese course selama 6 bulan. Pertanyaan saya:
    1. apakah pemerintah Cina memberikan beasiswa untuk kursus bahasa mandarin?
    2. beasiswa seperti apa yg diberikan oleh pemerintah Cina? Apakah sudah termasuk biaya blajar, biaya hidup/uang saku, ongkos PP, tempat tinggal/dorm? Jadi istilahnya bener2 beasiswa penuh dan kita tinggal belajar aja di sana.
    3. Waktu pendaftaran beasiswa ini dari kapan sampai kapan?

    Terima kasih

    Like

  7. Kak mau tanya . Nilai UN itu diperitungkan gak ? Aku liat kok minimal nilai rapot mat , bio , kim , fis itu 7 . Nah tapi kok di persyaratan berkas ,UN disebutin juga . Sedangkan UN saya jeblok dari pada nilai rapot yang rata” diatas 8. Makasi kak

    Like

  8. Hallo kak mau nanya beasiswa CGS 2016/2017 deadline nya sampai kapan ya kak? Apa sudah expired.
    Boleh minta alamat email dan akun sosmed lainnya kak sekedar tanya” ttg bea di china..
    Mksih

    Like

  9. Kak, saya ingin belajar mandarin slama 1 thn di china
    Rencananya saya hanya belajar mandarinnya saja kak bukan ambil s1/s2
    seperti kursus mandarin gtu
    soalnya kalau blajar mandarin di china pasti lebih cepat lancar
    kira2 ada gk beasiswa utk sperti ini kak ?

    Like

  10. Hii, mau nanya ce. Rencana nya saya mau kursus belajar mandarin di china selama 1 tahun yg non degree bukan s1atau s2, bisa gak kao daftar di CGS bukan melalui confucius institution ? Apa cara daftarnya sama dan ditanggung tempat tinggalnya juga ?

    Like

    • Bisa. Tapi peluangnya jauh lebih kecil menurut saya. Step2nya silakan cek ke bagian “How to Apply” ya. Mengenai apa2 saja yang dicover biayanya, silakan cek ke bagian “FAQ” ya 🙂

      Like

  11. silakan WA 081348488394 ada bnyk pertanyaan ce. email cece sdh di hub gagal trs. sy mau daftar CGS tahun ini ce.
    tosia

    Like

    • Dicoba lagi ya. Kalau masih tidak bisa, silakan tulis di sini, nanti sy jawab kok 😉
      Seperti yang tercantum di atas, pendaftaran untuk tahun 2016 ini sudah ditutup ya. Untuk tahun depan, belum buka lagi pendaftarannya 🙂

      Like

  12. saya pakai email yahoo Ce, maaf sy baru buka ini soalnya tdk ada pemberitahuannya. saya mau tanya, program apasaja yg ada CGS? dan kalau tdk punya sertifikat HSK, gimana?
    biar lebih enak chat aja disini ya Ce.
    BBM: d203d740
    Email: rendixiao48@yahoo.com
    Fb: Rendi Wang (Koko)

    謝謝大姐。

    Like

    Like

  13. ok Ce terima Kasih. saat ini saya kelas Xii SMA. jadi mau daftar tahun ini, harus banyak peroleh informasi agar bisa disiapkan dari skrg.

    Like

    Like

  14. Saya ihsan rencana mau mau ikut beasiswa ke ke Cina dengan jurusan accountin Sedang di tempat aku Enggak ada yang ngajar / sertifikat bhs mandirin. Yang ada cuma bhs inggris apa saya bisa ikut beasiswa ke cina

    Like

  15. Halo! Thanks buat blognya yang informatif banget. Saya ada 4 pertanyaan berkaitan dengan beasiswa CGS ini.

    1. Ada batas maksimalnya tidak ya mendaftar CGS bisa ke berapa univ dalam satu periode? Kalau tidak ada batasnya, misalnya saya apply ke 30 univ sekaligus berarti chance saya untuk mendapat CGS dari setidaknya salah satu dari ke-30 univ tersebut semakin besar dong ya dibanding kalau saya hanya mencoba daftar ke 3 univ saja?

    2. Kemarin waktu daftar kan ada yang 3 lewat email 1 langsung penyerahan berkasnya. Yang akhirnya dapet beasiswa yang lewat email atau yang langsung ya?

    3, Cara tahu univ China yang terdaftar di CGS gimana ya? Atau sebagian besar univ di China bisa buat apply beasiswa ini? Atau dicantumkan di website univnya apabila terdaftar di CGS?

    4. Apabila saya apply CGS nya ke univ yang kurang terkenal, apakah berarti kemungkinan dapetnya lebih besar karena kompetisinya lebih ringan? Ataukah sama saja pemilihan dan peluangnya dengan apabila saya apply ke univ yang terkenal?

    Terima kasih!

    Like

    • 1. Untuk s1/s2/s3 ya? Kalau untuk s2/s3 iya benar. Tp seandainya smua univ menerima km, nanti pihak csc yg akan menentukan 1 univ buat km. Katakanlah km daftar 30 univ, yg paling km inginkan univ A, bisa jadi yg dipilihkan csc untuk kamu adalah univ B atau C atau yg lainnya. Kecuali memang km sudah siap diterima di univ manapun.
      2. Via email.
      3. Ada di webnya. Bisa cek ke bagian “How to Apply”. Ada link ke web aslinya. Tapi pilihan univnya memang banyak juga kok, ratusan.
      4. Belum tentu. Karena kuota tiap univ berbeda. Katakanlah universitasnya kurang terkenal, tp kuotanya cuma 5, tetap aja susah hehehe.

      Sekedar info, sekitar bulan oktober nanti akan dibuka kembali grup diskusi ttg cgs di wechat, silakan cek di blog ini nanti untuk info lebih lanjut 😉

      Like

      • Iya untuk S2. Kalau untuk kuota tiap univ ada berapa itu bisa dicek juga ga ya? hehe

        Terus masih agak bingung juga nih sama health examination form nya. Jadi itu kita boleh health exam di rumah sakit atau klinik mana aja yang penting mengcover semua yang ada di form yang disediakan itu?

        Iya siap, nanti ikut gabung di grup diskusinya~!

        Like

          • 1. Surat rekomendasinya harus ori atau copy ya? kalau harus ori, misal saya apply ke 30 univ berarti harus minta 30 rangkap dong ke professor saya? hahaha

            2. Kalau ijazah dan transkripnya memang dari sananya sudah bilingual (indo+inggris) apakah masih perlu dinotarisin?

            Terima kasih!

            Like

              • Saya ada satu pertanyaan lagi nih. Untuk step yang menghubungi professor disananya dan mengirimkan research proposal kita untuk prospek kesediaannya menjadi pembimbing, ada tips mengenai cara memilih dan menghubungi professornya tidak ya? (Mengingat jumlah professor di satu jurusan yang saya tuju pasti ada banyak). Email professor nya biasanya bisa dilihat di website univnya atau bagaimana ya cara mencari emailnya?

                Like

              • Bisa cari yg kira2 area penelitiannya sama/mirip dengan research interest km. Ada web2 univ yg menyediakan profil profesor2nya, termasuk area penelitian dan kontak yg bisa dihubungi. Kalau tidak tercantum kontaknya, bisa tanya ke bagian int’l officenya, mgkn mereka bisa membantu.

                Like

  16. Lily numpang tanya ya, masih ada yang bingung nih hehehe

    1. jadi kita submit ke univ dahulu lalu submit ke csc juga? ketika submit ke univ misalkan via email apakah kita perlu attach data data kita di csc, karena setelah generate di csc ada file yang format pdf itu kan, apa diikut sertakan file di pdf csc itu ketika mendaftar ke univ?

    2. ummm urutannya kita keterima kampus dulu baru dikasih beasiswa atau kebalikannya si? berati pihak csc cuman mau memberikan beasiswa kalau ada univ yg terima kita ya?

    3. boleh ga si apply via univ dan via web? terus kesempatan di terima lebih besar dari yang mana ya?

    makasih ya lil

    Like

    • 1. Kurang paham mksdnya. Coba cek lagi ke “How to Apply” ya.
      2. Intinya kalau kampus dan csc mau menerima kita, ya kita baru dpt beasiswanya.
      3. Kurang paham maksudnya. Apa maksudnya via univ dan via web. Coba lebih diteliti lagi proses pendaftarannya ya 😉

      Like

  17. Kak surat rekomendasi dari professor itu boleh dari guru sekolah? Kapan dibuka wechat tentang cgs ya? Terima kasih.

    Like

  18. Halo cece , mau nanya nanya nih.
    Kebanyakan hampir semua website yang aku cari bilangnya CGS ini hanya untuk program S1 S2 dan S3. Tapi di website http://www.csc.edu.cn/ sendiri aku lihat ada yang non degree juga.
    Jadi pertanyaanya :

    1. Apakah benar CGS juga menyediakan beasiswa non degree ?

    2. Jika mengambil non degree , apakah juga disediakan program belajar mandarin gratis selama setahuan seperti program lainnya ?

    3. Apakah prosedur cara mendaftar non degree sama dengan s1 s2 ataupun s3 ?

    4. Senior Scholar sama non degree itu maksudnya sama kan ? Daftarnya hanya bisa melalui kedubes apa bisa lsg k univ ?

    5. Jika mendaftar dengan banyak jurusan apakah setiap jurusan study plan nya harus berbeda beda ?

    6. Boleh gak kalo sudah S1 tapi mau daftar S1 lagi ? soalnya takutnya kalo S2 nya beda jurusan , makul nya susah utuk diikuti. Kalo iya apa daftarnya pake ijasah SMA atau masih perlu ijasah S1 terakhir ?

    7. Kalao daftarnya beda beda ada yang non degree ada yg S1 ato S2 apakah boleh ?

    8. Jika mendaftar untuk S2 langsung ke universitas, ada batasan maximum univ yg bs di apply atau tidak dibatasi ?

    9. Cc tw gak agen yang di Surabaya yg ngurusin beasiswa ini ?

    Nanggung ce genapin jadi 10 skalian yahh…

    10. Alamat e-mail nya cc apa ? g nemu contact me nyah.

    Maaf ce pertanyaannya banyak banget udah kayak dosen penguji skripsi yang nanya =D hha.

    Tolong dijawab ya ce, makasihhh yaaa cee 🙂

    Like

    • 1. Iya.
      2. Maksudnya ingin mengambil program non-degree apa?
      3. Sama dengan s1
      4. Saya kurang paham maksudnya. Jadi yang ingin diambil program apa ya? Sudah dijawab di no 3.
      5. Silakan cek di bagian FAQ mengenai hal2 apa saja yg bisa dicantumkan di study plan.
      6. Boleh. Cara daftarnya mengikuti cara daftar s1.
      7. Sampai poin ini sepertinya hilang fokus ya? Baik jurusan maupun jenjang pendidikannya tidak fix. Secara administrasi, ya bisa2 saja dilakukan, tapi entah bagaimana pandangan penyeleksi melihat aplikasi semacam ini.
      8. Boleh daftar sebanyak-banyaknya pakai cara multiple account (spt yg saya lakukan).
      9. Kalo via agen, pilihan univnya terbatas (sangat terbatas malah). Nggak nyaranin jg via agen.
      10. Karena pertanyaan no. 10 cm buat genap2an.. silakan dicari sendiri ya 😛

      Silakan join grup WeChat untuk mendapat info2 terbaru soal beasiswa ini.

      Like

  19. Hi kak Lily.. Mau tanya tentang sistem penilaian IPK di china bagaimana ya? Dengar2 gak ada IPK seperti di indonesia y? Thanks

    Like

  20. Hi Lily.. your blog is exactly what I am badly looking for.
    Pengen coba daftar beasiswa Bahasa China tapi web nya full pakai Bahasa China 😥
    Would you help me???
    Xiexie ni..

    Like

  21. Kak, mau nanya nih… Klo kita udh dpt sertifikat hsk 4. Apakah waktu lanjut program sarjana di sana harus bs dpt sertifikat hsk 6 dulu baru bs lanjut program yg diinginkan? Atau thn pertama di sana udh bisa lanjut program yg diingan?

    Like

  22. Hallo, minta solusinya ni kak,..
    Saya sekarang sudah klas 3 SMA dan rencana lanjut untuk dapat biaya siswa ke china program study Matematika.. kak bagaimana cara mengartikan raport SMA ke bahasa mandarin jika ijazah/SKHU blum keluar ??

    Like

  23. Cc, aku kan mau ambil jurusan bahasa mandarin nya, trus lebih rekomendasi itu ambil beasiswa cgs atau hanban?trus beda nya apa sih antara beasiswa tersebut. Dan beasiswa hanban itu harus lewat kedubes juga kah ce?

    Like

    • Kalo ak pilih cgs sih. Hanban syaratnya jg lebih berat. Perbedaannya bisa dicek ke web masing2 ya. Udah kushare linknya. Cara pendaftarannya bisa langsung dicek jg di webnya 😉

      Like

  24. haloo kak lily,

    Saya mau join Wechatnya kok expired yah. Bisa diperbarui kah? Saya berminat gabung ke grup. Terima kasih.

    Oiya kakak di Tianjin University juga yah? ngambil jurusan apa? Saya sudah browshing2 ttg tiajin university. Rencana saya mau ngambil master di project management atau construction management. Sudah saya kulik-kulik neh di http://come.tju.edu.cn/English/EP/emp/. Namun apa daya, entah websitenya memang tidak informatif atau bagaimana. Ketika saya klik master program atau engineering master program, tidak muncul info. Dan ternyata tanggalnya sudah expired 2013.
    Mohon bantuannya kak, btw sudah saya email juga. Terima kasih, ditunggu kabar baiknya 😀

    Like

    • Saya di Tianjin Normal Univ ya 🙂
      Sudah saya share di postingan yg lain sebagian info mengenai saya hehehe..
      Bisa dicoba ulang ya untuk join grupnya 😉

      Like

  25. Salam.kk lily
    Aku mau nyanya kk.daftr lewat universitas caranya gimana kk..
    Soalnya aku tidak tahu sama sekali dftr lewat universitas…mohon kk…
    Minta contac email ka.

    Like

    • Tidak ada minimal IPK. Untuk TOEFL, dibutuhkan bila mengambil english-taught class (tapi untuk S1 tidak bisa apply beasiswa dng english-taught class, hanya bisa untuk S2/S3). Syaratnya berapa, bisa dikonfirmasi ke univ yg ingin dituju 🙂

      Like

  26. Che lily, saya tamat sma tahun 2015
    tahun ini saya berencana ke china study s1
    Saya akan tes hsk 5, saya mau pilih jurusan perminyakan
    Saya ingin tanya tentang dokumen, dokumen apa saja yang butuh ditranslate, bisa diuraikan dokumen apa itu ?
    Terimakasih che lily

    Like

  27. Hallo Kak Lily….
    Saya rencana mau apply di TNU Jurusan Develomental & educational Psychology
    Ada gak kiat-kiat khusus agar peluang lolosnya lebih besar.
    trimakasih

    Like

  28. Halo kak Lily. Aku mau tanyaa nih. Aku mahasiswi d3 bahasa mandarin semester 3 dan berniat untuk daftar beasiswa di china. Kalau letter of recommendation nya aku harus minta ke dosen atau minta ke SMA ku yaa? Dan apa aku harus punya passport dulu sebelum mendaftar? Maaf ya kak banyak tanya. Buta bgt soal beasiswa hehe. Tolong dijawab ya, kak. 谢谢^^

    Like

    • Kalau mau daftar untuk S1, surat rekomendasinya bisa minta ke SMA yg dulu. Kalau masalah paspor sih, biasanya iya harus punya dulu, karena itu sebagai identitas kita menggantikan KTP 🙂

      Like

  29. Kalau mau apply mendaftar di TNU berkasnya kirim lewat pos atau bisa melalui enail Kak, pengalaman kak Lily dulu waktu aplly di TNU…

    Like

  30. Hi Lily, salam kenal, blogmu aku rekomendasikan kemana-mana ya, haha.
    Soalnya waktu persiapan dulu banyak baca-baca blogmu, sekarang aku sama pacarku udah di China, aku di Shanghai Jiaotong Univ pacarku di Shandong Univ, aku beasiswa LPDP dia beasiswa CGS.
    Sekarang masih kuliah kah di Tianjin Normal Univ (TNU)?

    Like

  31. Maaf Ka boleh minta Contact person Kaka untuk menjadi agency atau untuk menanyakan beberapa informasi? Terimakasih ka

    Like

  32. Kak, kan aku mau ikut yang tahun ajaran 2017/2018. kok aku buka websitenya under maintenance terus ya?
    dan mau tanya kalo penutupan pendaftaran CGS itu kapan ya? aku denger dari temenku yang ikut CGS juga bulan Februari akhir.

    Like

    • Hi ms lily….aku mau coba beasiswa cgs untuk s2…. ada proses wawancara ga ya…sbb sya bca tntng cgs…sya blm menemukan seleksi wawancara…n mohon untuk dikirim kan kisi2 untuk mendapat beasiswa cgs nya ms. Lily…

      Terima kasih

      Like

      • 1. Kalau daftar via univ, ada yg menerapkan proses wawancara ada juga yg tidak. Dikonfirmasi ke pihak univnya aja langsung.
        2. Kisi2 bgmn ya? Semua info saya share di blog ini 🙂

        Like

    • Sekarang udh bisa sih harusnya, cm mungkin kadang2 masi error, ya sabar aja 🙂
      Kalo via dubes, deadlinenya 24 maret 2017, kalo via univ beda2, dicek lgsg aja ke web univnya ato ditanyakan lgsg ke univnya 🙂

      Like

    • Cek bagian “How to Apply” ya, caranya sama kok.. Kecuali bila mereka ada peraturan tambahan, biasanya akan dicantumkan di website univnya, tapi secara garis besar caranya sama saja dng daftar CGS pada umumnya 😉

      Like

      • Kk..
        Kalo apply dua2nya bisa nga
        Lewat universitas and kedubes bisa nga kk??
        And kk saya sudah mengirim email ke Tianjin medical university tapi belum jawap sampai sekaran dan saya coba kirimkan email lagi ke Guanxi medical university tapi dia juga belum membalasnya kk..
        Apakah harus nungu atau bagaimana kk?
        Mohon jawabanya.

        Like

  33. Hi kak, perkenalkan aku Kiki. Sarjana pendidikan bahasa mandarin salah satu perguruan tinggi negeri di Indonesia. Mau tanya nih, aku rencana mau daftar HI utk S2 sgn mengikuti beasiswa CGS ini, menurut kakak dgn latar pndidikan aku yg sgt berbeda jauh dgn jurusan s2 yg ak inginkn gmn?? Mohon sarannya kak. Terima kasih 🙂

    Like

  34. Perkenalkan, saya Muhammad Sahrul Gunawan. Saya siswa kelas 12 di SMK Ma’arif Salam, Magelang. Saya dipastikan mendaftarkan diri mengikuti Program Beasiswa Pemerintah China 2017/2018 untuk jenjang sarjana. Saya memiliki beberapa pertanyaan, antara lain :

    1. Bagaimana prosedur pendaftaran Beasiswa Pemerintah China?
    2. Pelaksanaan ujian nasional di Indonesia baru dilaksanakan pada tgl 4 sampai 7 April 2017, secara otomatis saya belum dapat mengumpulkan ijazah sekolah untuk persyaratan dokumen. Ijazah bisa diterbitkan setelah pengumuman kelulusan pada tanggal 2 Mei 2017. Apakah ada dispensasi untuk pengumpulan ijazah SMA bagi lulusan 2017? Terima kasih atas infonya.

    Like

  35. Selamat malam kak, untuk beasiswa CSC yang lewat kedubes, apakah berkas-berkas nya bisa dikirimkan lewat pos atau Jne, atau kah kita harus langsung ke kedubes China ?
    Jika langsung ke kedubes china, apakah kita bisa mengumpulkan berkas melalui kedubes china di surabaya, Terima Kasih
    Terima Kasih

    Like

  36. Halo kak!! mau tanya dong klau beasiswa CGS sama dgn beassiwa confucius center untuk program bahasa? dan pndftran online apakah sama dengan pndaftaran via pusat bahasa mandarin dr universitas ttt? krn saya agak sulit cari resources ttg beassiswa dari pusat bhsa mand via internet..
    maaf y kak klau prtnyaany berulang..
    thanks

    Like

  37. Waduh komen yg tanya banyak banget.. mbknya sabar jelasin ^^
    Oh ya mbak kok saya pas daftar masuk ke systemnya link yang tertera adalah studyinchina.edu.cn bukannya laihua.edu.cn spt yang mbk post gambar di atas. Setelah saya cek ternyata mmg ada dua web dg tampilan yg beda. Apakah keduanya sama?

    Like

  38. Halo Kak, terimakasih infonya sangat membantu.

    Kak, jika ingin mendaftar s1 harus melalui kedubes ya? bukan melalui univ yaa? terimakasih.

    Like

  39. Untuk app. form dari document list “Certificates of Highest Education (Notarized Copy)” apa diisi dengan surat keterangan dari sekolah yang menyatakan bahwa tahun ini akan lulus bagi siswa tingkat akhir seperti saya? Terima kasih atas perhatiannya

    Like

  40. Halo kak. boleh minta invite wechat saya? saya scan barcode berkali-kali tetap muncul “Expired QR code”.
    id wechat: fatmayully
    Terimakasih 🙂

    Like

  41. Kak, di persyaratan dokumen adan yang namanya “Pre Admission Letter or Admission Notice”, Nah ini maksudnya apa ya kak ? Cuma memastikan takutnya saya salah faham

    Terima Kasih

    Like

        • Kumpulkan saja dulu dokumen yang mandatory ke kedubes, jika nanti sudah dapat “award letter” dari kedubes, baru dipikirkan perlu tidaknya meminta “admission letter” dari universitas yang diinginkan.

          Like

  42. Kalo semua berkas diminta in duplicate berarti semuanya mesti d kirim dalam 2 rangkap ya? Jd yg tadinya cm minta 2 srt rekomendasi ap harus jd 4?

    Like

    • In duplicate means consisting of two EXACT copies, berarti 2 surat rekomendasi dari 2 orang yang berbeda difotokopi 2 kali terus dikumpulkan fotokopiannya saja atau difotokopi 1 kali terus kumpulkan yang asli dan fotokopiannya.

      Like

    • Recommendation letters: Applicants for graduate programs or senior scholar programs must submit two letters of recommendation in Chinese or English from professors or associate professors.

      1. Apa itu wajib kalau saya hanya mau sekolah bahasa 1 tahun?
      2. Kalo sekolah bahasa 1 tahun, apply as apa ya? Bachelor’s degree atau general scholar?

      Thx cee..

      Like

  43. Halo jie, mau tanya nih.
    Saya kan d3 bahasa manadarin, kira2 ada nggak program lanjutan semacam ekstensi yg cuma 2-3th untuk selesaikan s1.
    Xiexie

    Like

    • Selama ini belum pernah mendengar ada kejadian yang disuruh menambah sendiri si tuition fee-nya. Kalau memang sudah dicek di univ yang ingin dituju bahwa tuition fee-nya melebihi batas seperti yang ada pada link tersebut, coba hubungi pihak univnya saja 🙂

      Like

  44. Haloo mbak lily, salam kenal dari saya.
    saya butuh bantuan mbak lily.
    saya mau nanya, saya kan udah registrasi online, terus ada email masuk dari info@csc.edu.cn, di dalam email tersebut berisi tentang pemberitahuan alamat web yang digunakan untuk verifikasi kode, tapi linknya saat saya klik koq slalu gag bisa, sampai saya registrasi ulang dan mendapatkan link yang baru tetap saya tidak bisa membukanya. sehingga saat login pun gag bisa juga, slalu ada pemberitahuan bahwa emailnya belum diaktifkan. itu gmn mb??
    trima kasih

    Like

  45. jie, saya ingin gabung grup wechat nya tapi grup nya sudah penuh..dan yg bisa mengundang hanya member nya saja.
    Bisa ga jie, saya mau join juga?
    id wechat saya : official_andri

    Like

  46. hai ini saya aji, saya sudah email kamu lusa lalu, kira2 kapan ya info pengumuman lulus dari beasiswa china, saya udah dapet loa juga dan apakah yag dapet loa kemungkinan besar dapat beasiswa cscnya itu atau gimana? saya boleh masukkan ke grup we chat ga? id wechat saya abpanuntun94, terimakasih

    Like

    • 1. Daftar via mana ya? Bila via kampus, silakan menghubungi pihak kampusnya ya, bila via dubes, memang masih misteri, entah kapan mereka akan mengumumkan 🙂
      2. Mengenai kemungkinan diterima, saya tidak bisa bilang apa2 hehehe..
      3. Untuk saat ini grupnya masih ditutup, bila memang peminatnya masih banyak, akan dibuka kembali 🙂

      Like

  47. Halo kak lily, saya yoga, salam kenal kak,
    Saya ingin bertanya pada kak lily, waktu daftar beasiswa cgs via kedubes atau via univ kak dulu? Jika via kedubes, ada pemberitahuan dr kedubes ditengah2 proses seleksi ga?atau hanya pengumuman akhir saja?sampai hari ini saya belum menerima notifikasi apapun dari kedubes china. Mohon penjelasannya kak, terima kasih kak

    Like

    • Kalau tahun lalu memang hanya “di akhir” saja pengumumannya, ketika udah diterima, sepertinya tahun ini juga sama 🙂

      Like

  48. Kak, mau tanya, ada yg bilang kalo CGS ini enaknya emang kita gk perlu pake test toefl atau ielts, tapi universitasnya di tentukan dari sana gk bisa kita sendiri yg pilih, jadi cuma bisa pasrah aja klo udah daftar, itu bener apa gimna ya kak? mhon klaririfiksinya karena saya ingun sekali bisa kuliah abroad tapi tanpa toefl atau ielts 😅😅

    Like

    • 1. Perlu toefl atau ielts tergantung bahasa pengantar apa yang diambil (bisa cek FAQ).
      2. Bisa pilih kok (silakan cek form onlinenya)

      Like

  49. Saya ada pertanyaan lgi mba..

    “Within the scholarship duration, registered scholarship students will receive a stipend from their host university each month. Students registering on or before the 15th of the month will receive a full stipend of that month. Those who register after the 15th of the month will receive a half stipend of that month. “..

    Maksudnya pernyataan itu berarti kalau kita daftar ulang d kampusnya lbih dri tnggal 15 pas bulan masuknya cuna dpet setengah biaya hodup bulanannya?? Lalu apakah semua univ d china registrasi ulangnya sebelum tnggal 15 ?

    Like

  50. Hallo mb lily, saya uma. Saya mau tanya mb kemarin saya dapat rekomendasi beasiswa. Terus pihak kampus ngasih saran buat ngisi aplikasi beasiswa CGS. Pihak kampus bilang kalo misal g dapet beasiswa CGS nanti akan direkomendasikan untuk beasiswa Pemerintah Provinsi atau beasiswa dari kampus sana . Waktu pengisian aplikasi beasiswa CGS saya belum punya passport mb , pada aplikasi tersebut kita diminta untuk mengisi no passport dan scan passport. Yang mau saya tanyakan bagaimana peluang saya mendapatkan beasiswa disana mb?

    Terus yang kedua yang mau saya tanyakan mb, saya tanya pihak CGS katanya pengumumannya akhir juni atau mungkin bisa lebih awal. Apakah bisa mb jika saya mendaftar beasiswa di kampus lain di China tapi nanti pada akhirnya juga akan diarahkan untuk mengisi aplikasi tersebut. Beasiswa yang ke2 ini deadlinenya adalah 30 Juni.

    Saya ingin jaga2 kalo beasiswa yang pertama saya gagal mb. Saya mau minta saran dari mb Lily..

    Thanks,

    Like

    • Halo Uma,
      1. Mengenai peluang, saya tidak ingin berkomentar banyak karena bukan hak saya 🙂
      2. Saya kurang paham maksud dari kalimat berikut “Apakah bisa mb jika saya mendaftar beasiswa di kampus lain di China tapi nanti pada akhirnya juga akan diarahkan untuk mengisi aplikasi tersebut.”

      Tanya pihak CGS atau pihak kampus ya yg katanya pengumumannya akhir juni? Karena ini dua lembaga yang berbeda.

      Like

  51. Halo kak.. m tanya beasiswa nya ada yg untuk kedokteran full scholarship ga? Yg uda d tanggung biaya hdup n kost nya
    Trimakasih

    Like

  52. ka kalo boleh tau apa kaka tau Beasiswa KOPERTIP Academic & Leadership Program ? itu beasiswa tentang apa ya ? dan kalo punya link beasiswa tersebut bisa ikut berbagi info dengan saya trimakasih sebelumnya 🙂

    Like

  53. Kak, saya sedang membuat akun utk mengisi online application beasiswa cgs.. Dari kemarin saya membuat akun tapi email yg saya gunakan blm di verifikasi oleh system.. Sehingga saya bkm bs masuk ke akun saya utk mengisi online application cgs. Saya sdh mencoba menggunakan email yg berbeda seperti yahoo dan outlook.. Tapi sampai pagi ini blm jg email saya di verifikasi sehingga ini menghambat proses pengisian online application.. Apa yg harus saya lakukan kak? Mohon masukan nya.. Terimaksih

    Like

  54. malem cc lili mau tanya saya sudah daftar dan tinggal nunggu pengumuman. saya daftar lewat kedutaan besar china. kmrn saya sudah kontak kedubes china diinfokan tunggu dari mei sampai juni. saya daftar program doktoral. mau tanya sampai kapan nunggu n brp besar kemungkinan lulus thx

    Like

    • 1. Untuk kemungkinan lulus saya tidak bisa menjawab karena memang bukan hak saya hehehe.
      2. Memang sampai sekarang belum ada info dari kedubes, coba ditunggu saja, biasanya sekitar bulan Juli-Agt, ya semoga saja tahun ini bisa lebih cepat 🙂

      Like

  55. Selamat sore Kak Liliy,
    Besok Selasa 06 Juni 2017, saya akan ujian wawancara BJTU, Selasa mohon informasinya apa sajakah yang harus saya siapkan?
    Mohon bantuannya ya kak? saya tunggu
    tips dan triknya.

    Like

  56. Hello Kak Lily! Salam kenal. Saya baru saja mendapat pemberitahuan dapat melanjutkan s1 dari universitas China. Nah, saya ingin bertanya, apakah cgs mempunyai program beasiswa setelah mendapat surat penerimaan siswa ?

    Like

  57. Ci, mau nanya kalau misalnya S1 sudah ambil di China apa boleh langsung ambil s2 di china tanpa harus pulang dulu satu tahun ke Indonesia?

    Like

    • Maksudnya beasiswa kah? Ada beberapa kondisi, bisa coba apply di univ yg sama dengan univ S1 atau misal S1-nya dengan biaya sendiri, bisa coba S2nya bila ingin apply beasiswa bisa via dubes.

      Like

  58. Pagi kak, saya mau tanya. Pengumuman penerimaan beasiswa Chinese Government School 2017 kapan ya? Pemberitahuannya melalui apa ya?
    Terima kasih.

    Like

  59. hai ce lily, aku mau tanya untuk tahun ajaran 2018, kapan ya buka pendaftaran beasiswa s2? thanks.. btw site contactus nya kok gabisa ya?

    Like

  60. halo kak lily, saya ingin tanya. biasanya pengumuman kelulusan beasiswa pemerintah china dar kedutaan besar itu pas bulan apa ya? dan biasanya lewat apa? apakah sudah ada dari teman2 di grup we chat yg dpt pengumuman? terima kasih

    Like

    • Biasanya sekitar akhir Juli – awal Agustus. Coba ditunggu saja ya, sampai saat ini memang belum ada pengumuman resmi dr kedubes di Jkt. Pengumuman biasanya via telp/email.

      Like

      • makasi banyak kak Lily 🙂 semoga bisa secepatnya keluar pengumumannya ya kak hehehe. lagi masanya harap harap cemas plus deg degan nungguin pengumuman. nnti berkabar2 lagi ya kak kalau ada info2 terbaru

        Like

  61. Hallo. Saya sudah menerima pemberitahuan kelulusan dari china embassy, tetapi pemberitahuan tersebut hanya dikirim ke email masing masing, tidak di cc. Jadi saya tidak siapa saja yang lulus. Yang sudah mendapat pemberitahuan atau semacamnya boleh komunikasi 🙂

    Like

  62. hay kak Lily saya mau tanya apakah masih ada beasiswa china tahun 2018? kalo ada kapan buka pendaftaran lagi kak? mohon dibales ya kak karena saya ingin sekali kuliah di china. terimakasih kak Lily 🙂

    Like

  63. lily,

    my name is farin horsley.

    i would like to talk further with you regarding china.

    i believe i would need many and long emails conversations with you.

    would you mind to send me your email ?

    mine is : farin.horsley@gmail.com

    thank you very much.

    sincerely,
    farin horsley

    Like

      • Hello kk lily
        Sya ingin Mengambil MBBS di china lewat CGS,tapi saya check universitas tak ada yang menggunakan bahasa mandarin pada jurusan MBBS semua menggunakan bahasa inggris,jadi kk kalo mau kelasa bahasa inggris harus punya tofel/IELTS atau bagaimana kk?
        Kalo bahasa inggris tidak ada course preparation 1 tahun seperti belajar bahasa mandarin 1 tahun.
        Mohon dijawap kk.

        Like

  64. Kak perkenalkan nama saya Nico Prasetyo, saya lagi cari beasiswa ke chongqing Univercity tapi bingung tata cara dan persyaratan apa sajayang dibutuhkan kak. Mohon info kak bisa via Facebook atau Email saya ke: nico.prasetyo@rocketmail.com. Kl boleh minta WA/Line/WeChat/BBM kak agar mudah komunikasi terima kasih kak.. mohon bimbingannya 😀

    Like

  65. Kak saya Génta, saya punya rencana meneruskan studi ke Renmin University tahun depan. Kak saya punya banyak pertanyaan, apabila kakak berkenan saya mohon kakak bisa mengirimkan alamat email kakak ke email saya geridzkyfitrian88@gmail.com
    Atas perhatian dan infonya saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya 😇😁💕

    Like

  66. 1. Kalau untuk tanya² ke kedubes lebih baik via telephone atau langsung datang ke Jakarta?
    2. Untuk penempatan universitas, jenjang S1 apakah sepenuhnya kewenangan kedubes? Atau bisa sesuai dengan yang kita inginkan?
    3. Kak buat dong postingan tips and tricks, untuk nulis study plan, atau motivation letter…
    4. Tiap tahunnya apakah quota beasiswa menurun? Kalau untuk tahun kemarin kalau boleh tau, quota nya berapa?

    Untuk infonya, terimakasih banyak kak….😀

    Like

    • 1. Bisa via telepon, cuma berdasarkan pengalaman teman2 sebelumnya, memang agak susah untuk menghubungi kedubes, jadi harus bersabar juga.
      2. Bisa sesuai bisa tidak. Sertakan pre-adm letter dr univ yg diinginkan, supaya nggak “nyasar” (ditempatkan di univ lain). Tanpa pre-adm letter, bisa jadi kita tetap dapat di univ pilihan kita dan bisa juga tidak (dapat di univ lain).
      3. Saya pertimbangkan ya 🙂
      4. Kuota via dubes? Tepatnya berapa saya agak lupa, yg pasti tembus angka 100.

      Semoga sukses!

      Like

  67. kak kalau untuk recommendation letter ada expirednya nggak ya, saya bikin recommendation letter tertera disuratnya tanggal 15 december 2017..hehehe untuk pendaftaran beasiswa 2018.

    Like

  68. Hai ci..
    Mo nnya nih..
    Ada ga beasiswa buat belajar bahasanya aja d china tpi tnpa HSK?
    Soalnya ak baca bbrp ada tpi syaratnya hrus ada HSK…
    Makasih ci..

    Like

  69. Halo kak…

    Saya fafan, kebetulan sedang menempuh semester akhir di salah satu universitas di Sri Lanka melalui program beasiswa pemerintah juga. InsyAllah studi saya akan berakhir pada bulan januari, namun result akan keluar bulan maret. Apakah CGS juga bisa menerima applikasi dengan semacam temporary result gitu kah kak?

    Saya berharap juga dapat kuliah di Tianjin, kak. Tahun kemarin saya mengunjungi Tianjin dan sepertinya sangat nyaman lokasinya untuk belajar. semoga dapat berhasil menyusul jejak kakak. hehe amin…

    kalau tidak keberatan mungkin saya boleh minta kontak wechat kakak, atau dapat add id saya disisni: fafanfafanfafan

    Terimakasih banyak kak.

    Salam

    Fafan

    Like

    • 1. Bisa menggunakan surat keterangan lulus atau surat yg intinya menyatakan bahwa akan lulus semester depan.
      2. Silakan join grup wechat kita ya 🙂

      Like

  70. sore kak Lily,,,,
    kak mau tnya untuk beasiswa zhengfu taun 2018 kpn dibuka applynya di kedutaan?
    dan utk tuijian xin nya itu klo dr atasan perusahaan bekerja bisa gak? soalny ada rencana mau lanjut s2 di China lagi tp skrg sdh kerja,,,bingung klo minta tujianxin sm dosen siapa.hihihi oya kak sklian minta no agency nya guangxi normal university, Fujian normal unvrsty, sama Hunan normal univ? xiexie kak sblmnya ^^

    Like

    • 1. Sekitar awal tahun ya, pastinya harus menunggu pengumuman dari dubes.
      2. Bisa, tapi sifatnya sebagai tambahan, yg dari dosen/profesor tetap diminta.
      3. No agen:
      Guangxi Normal Univ: 10602
      Fujian Normal Univ: 10394
      Hunan Normal Univ: 10542

      Good luck!

      Like

  71. Teriamaksih kak lily atas respon nya. Kak, itu Barcode yang dicantumkan eror sewaktu kita coba scan. Mohon bantuannya.. ☺

    Like

  72. Kak ada tes interview nya ngga ka?
    Terus wajib pake toefl ga?
    Sama kalo yang ngga bisa bahasa mandarin itu harus belajar bahasa mandarin 1 tahun dulu atau bagaimana?

    Like

  73. Ce Lily, disalah satu web yang saya baca, salah satu form yang dibutuhkan adalah List of academic publications, copies of representative works or abstracts of articles. Apa ce Lily tau list apa ya g dimaksud ini? apakah wajib?

    Like

  74. Hi, ada grup chat yang bisa di join?
    Pengen nanya2 soal beasiswa ke china..
    Apakah tau mengenai lembaga kursus sebelum ke china? Thanks

    Like

  75. Ci, untuk surat rekomendasi jumlahnya apa diperbolehkan mengirim lebih dari 2? untuk jenis-jenis rekomendasi bisa diperoleh dari siapa aja Ci?

    Like

    • Boleh, tapi sebaiknya tidak terlalu berlebihan juga, secukupnya saja, dari pihak2 yang menurut km berpengaruh besar, misal: guru/kepsek, pimpinan di tempat kerja, dll.

      Like

  76. Hello ci Lily,
    Mau tanya , kita kalau buat multiple account bnr gpp ya? 1 account kan bsa buat isi 3 univ, jd sya buat 5 account buat mencoba 15 univ gt ndpp?
    Pengen mencoba peluang ke byk univ, dg jurusan yg sama sih…

    Dan sya sdh byk searching ttg info cgs ci, yg msh sya bingung itu , bilateral program, chinese uni program, itu semuanya juga termasuk cgs kan? Terus beda apa gmn ci?

    Trima kasih sblmnya…

    Like

  77. Kk lily boleh minta no WA nya atau PIN BBM nya, rencana tahun ne saya coba untuk menyiapkan berkaas2 untuk melanjutkan study master di cina, melalui beasiswa CGS atau CSC. Jdi utk jalur dan infonya saya masih blum faham… Mohon di aplay kk.. Trimksh …
    Noa Wa saya 085261004725
    Pin bb. D3094a7a

    Like

  78. Hi lily.
    saya berencana untul apply beasiswa ke china
    tp saya berencana hanya untuk belajar bahasa saja
    univ mana yang biasanya menyediakan full scholarship jika hanya ingin belajar bahasa?
    dan lewat mana sebaiknya saya apply beasiswa ini? apa lewat website csc??

    Like

  79. Ce lily, passpor saya matinya tanggal 29 januari 2019, apakah bisa saya mendaftar dengan menggunakan passpor tersebut? Dan apa tidak ada masalah dalam pembuatan visa bila saya mendaftar dengan passpor itu dan saya perpanjang di bulan juli? Mengingat saya melakukan dengan menggunakan nomor passpor yang lama tapi pengurusan visa dengan nomor passpor yang baru?

    Like

  80. Ci, kalo aku mau ambil program dengan pengantar bahasa inggris bisa kah ci? Maksudnya tetap dapat beasiswa/tdk kena potongan kan? Trims

    Like

  81. kak, kalo ijazah dan transkrip saya sudah ditranslate ke english oleh pihak kampus,
    apakah masih perlu di notarisin ?

    maaf kurang mengerti dengan “documents in languages other than Chinese or English must be attached with notarized Chinese or English translations”

    terima kasih kak

    Like

    • 1. Tidak perlu, cukup legalisir pihak kampus.
      2. Dokumen yg tidak dalam bhs Inggris/Mandarin harus diterjemahkan dulu oleh sworn translator atau dibawa ke notaris.

      Like

  82. Ce mau tanya untuk beasiswa ini kan kita pakai medical check up, kan itu lngkap bgt juga mahal , boleh gak ce kalau aq gak pake x-ray??

    Like

  83. halo kak, saya mau kalo mau daftar cgs itu ada agen yang bisa bantu ngurusinnya ngga ya atau harus urus sendiri? soalnya saya juga bingung kalo mau daftar yg lewat agency indo kirim ke 3602 itu ngga tau deadline nya kapan dan ngga ada pengumuman sama sekali di website indo nya. apa kirim langsung ke univ china nya aja langsung apa gimana ya? makasih kak

    Like

    • 1. Kalau s1 tetap harus via embassy klo CGS ya. Coba dipersiapkan dulu dokumen2nya, bisa juga coba telpon dubesnya untuk tny info selengkapnya ya.
      2. Agen mungkin ada, tapi ngga ada bedanya via agen ato ngga, klo memang pendaftaran blm dibuka ya sama saja 🙂

      Like

    • CSC: China Scholarship Council
      CGS: Chinese Government Scholarship

      Intinya keduanya berhubungan dengan Beasiswa Pemerintah China, tidak perlu bingung 🙂

      Like

  84. Halo, kak Lily, mau tanya, jika sudah kuliah di salah satu universitas di China, apakah boleh apply CGS? Tapi pilihan universitasnya tetap yang sekarang, karena universitas yang sekarang hanya menggratiskan biaya kuliahnya saja yang lainnya pakai biaya sendiri, rasanya pingin juga dapat beasiswa yang full hehe. Terima kasih kak, have a nice day!

    Like

    • Biasanya akan mengulang dari awal kuliahnya. Coba tanyakan ke pihak kampus, apakah ada jenis beasiswa lain yang bisa mengcover biaya lainnya.

      Like

  85. hii ce lily, saya mau tanya apakah kita boleh membuat multipel account di laihua untuk pengajuan chinese government scholarship ? awal februari aq ngajuin beasiswa melalui online CGS dan situ pengajuan nya cm bs di 1 univ saja tdk seperti penjelasan pd post sebelum nya bisa sampai 3 univ ce

    Like

    • Untuk s2/s3 bisa kok. Multiple account berarti membuat banyak akun, tidak peduli di dalam formnya bisa pilih satu atau lebih. Karena form yang sekarang sudah berbeda dengan yang dulu.

      Like

  86. ci
    1. yg beasiswa confucius itu pulang dri sana ny harus jadi guru ya?
    2. ak siswa yang bentar lgi udh tamat kuliah ci.. ak mau beljar mandarin di china langsung(aku bisanya sedikitttttt) tpi mau yang singkat waktu nya( 3 bulan atw 6 bulan ci kalau bisa kurang hehe) dan dapat beasiswa.. dan pada saat pulang gak disuruh ngapain2. cntoh ny jdi guru.. menurut cici scholarship yang ccok apa ya?

    Like

  87. Hi. Mau tanya, kalau misalkan aku udh dpt beasiswa dr universitas di china apakah msh bisa apply untuk beasiswa CGS ? seperti misalnya thn 2018 semester pertama dan kedua menggunakan beasiswa dr univ lalu apply beasiswa CGS untuk tahun 2019 ? Terimakasih

    Like

  88. Saya mau daftar cgs, tapi bingung dengan persyaratannya dan cara mendaftar application form. App form yg pernah kk tulis beda dengan app yg sekarang. Bisa saya minta id wechat kk? Saya sangat butuh

    Like

  89. Sore kak saya mw gabung ke grup dan saya sdh cb untuk pindahkan barcode tapi ada tlsannya “expired QR code” mohon dibantu kak terima kasih

    Like

  90. Cik, saya bulan Juli tamat kuliah. Saya mau daftar S2 di China kira2 kalau daftar csc atau csg sekarang bisa ndak ya? Soalnya surat keterangan lulus sama sertif S1 baru bisa didapat di Bulan Juli itu

    Like

  91. Hi kak, aku Clary, kak aku mau Tanya
    1.) aku baru aja bacasebuah artikel yang bilang gini ` BAGI YANG BERUMUR DIBAWAH 18 TAHUN , WJIB MENYERAHKAN BUKTI PEMBIMBING SEBAGAI WALI DICHINA` maksudnya ini gimana ya kak ? Apa Berarti kita Harus punya kenalan orang china yang tinggal dichina agar bisa jadi wali kita saat kita belajar dichina?
    2.) Diartikel itu juga tertulis kalo kuota yang keterima CSC itu cuma 15 orang itu pun dari S1-S3,apa itu bener kak?

    Terimakasih kak…
    Salam

    Clary

    Like

  92. kak saya kan sudah keterima di sebuah kampus negeri di tiongkok, apa aja tips buat tahun pertama hadapi kegiatan perkuliahan disana dan biasanya berapa tipe test pada umumnya yang ada di perkuliahan sana ?

    Like

    • 1. Kalau tipe tes tergantung dosennya juga ya, sangat bervariasi untuk hal ini.
      2. Perdalam kemampuan bahasa aja, byk2 baca tentang hal2 yg berhubungan dengan jurusan km. Kalau km sekelas dengan anak2 lokal, banyak2 berteman sama mereka, jalin hubungan baik, jadi kalau ada kesulitan apa2 bisa saling bantu juga.

      Like

  93. Halo lily, mau tanya.Anak saya daftar beasiswa CGS dan mau daftar University Scholarship. pengumuman ternyata lebih dulu dari jalur Univ. Apakah kita bisa menolak atau menunggu yang tak pasti dari CGS?

    Like

    • Maksudnya university scholarship ini beasiswa CGS yang jalur univ atau memang university scholarship (beasiswa yang diberikan oleh pihak kampus, bukan CGS)?

      Like

  94. kak, sekarang saya SMA 3 dan jika nilai rapot saya sudah ada memang asli ditranslate ke inggris dari sekolah berarti saya tidak perlu saya mentranskip atau menotariskannya kan? cukup tinggal di copy saja bisa kan?

    Like

  95. QR code wechatnya g bisa di add niih… expired code katanya. mohon bantuan. pengen tanya2 tentang cgs lebih detail soalnya hehe

    Like

  96. Hai aku mau nanya nih aku udah lulus 1 tahun yang lalu
    aku Mau nanya apa aku masih bisa daftar beasiswa?
    Apa beasiswa harus dapat rekomendasi dari sekolah smk asal ya?
    kalo tanpa rekomendasi apa bisa dapat beasiswa?

    Like

  97. ci, academic transcrip yang harus dilampirkan untuk mendaftar csg itu mulai dari semester brp sampai brp ya, lalu apakah ijasahnya harus dilampirkan juga? karena aku mau daftarin csg buat adiku yang udah kelas 12, dan dia akan lulus sekitar mei 2019, sedangkan pendaftaran csg dibuka mulai januari – april.

    Like

  98. hallo Lily, salam kenal dari purwokerto, sy mau tanya banyaaak… baiknya lewat sini atau Privat chat ya? makasih banyak sebelumnya, info nya sangat membantu

    Like

  99. hai kak,nama saya ana.saya juga ingin kuliah di china,lewat cgs tapi enggak tau mau mulai dari mana kira – kira ada peluang enggak untuk mendapatkan beasiswa full untuk S1 di cgs ini?
    minta via wa donk kak soalnya ada banyak yg mau di tanyakan masalah beasiswa nya

    Like

  100. Kak lilyy , hadil x-ray ku dalam bahasa indonrsia yg dikeluatin oleh tumah sakit pemerintah? Itu ga apa2 kan kak ?
    Oh iyaa , akuu udh scan group wa.. Tapi sampe skrg belum di acc kak.. Mohon di acc yaa kak atas nama danial rusdi…

    Like

    • 1. Semua dokumen yang dikumpulkan harus dalam bhs. Inggris atau Mandarin. Yg penting di form MCU nya pakai salah satu dari 2 bhs itu nggak apa”.
      2. Step”nya sudah sesuai yg di hlman “WeChat Group”? Kalau sesuai, pasti sudah di-acc 😉

      Like

      • Kak Lily mau tanya, dulu waktu Kak Lili kuliah di Tianjin di sana banyak polusi ga? Soalnya denger2 daerah Tianjin, Beijing, Shijiazhuang tuh sering ada kabut polusi

        Like

  101. Kak Lily mau tanya, dulu waktu Kak Lili kuliah di Tianjin di sana banyak polusi ga? Soalnya denger2 daerah Tianjin, Beijing, Shijiazhuang tuh sering ada kabut polusi

    Like

  102. Halo kak, saya Fitri
    Sekarang saya sedang belajar bahasa mandarin untuk HSK 4 di salah satu college yg ada di chongqing. Saya lulusan D3 dan ingin melanjutkan studi ke S1 melalui program Ekstensi. Untuk daftar universitas di China yang menerima ekstensi dari D3 ke S1, saya bisa lihat dimana ya ? Begitu juga dengan beasiswa yang menyediakan beasiswa untuk program ekstensi. Terima kasih

    Like

  103. Assalamualaikum kak,aku moza.apa bisa cgs hanya mendaftar untuk belajar bahasanya saja?aku mau fokus ke bahasanya dulu sebelum masuk ke jenjang yang lebih tinggi.

    Like

    • Halo, Kak! Senang sekali bisa baca pengalaman Kakak. Kak, saya ada pertanyaan:
      1. Jika dalam 1 aplikasi saya memilih 3 universitas, lalu univ 1 waktu studi 2 tahun sedang univ 2 dan 3 waktu studi 3 tahun, di aplikasinya harus saya cantumkan berapa rentang studinya?
      2. Jika 3 program studi master saya memakai bahasa inggris, tapi saya merasa butuh untuk belajar bahasa Mandarin, apakah saya bisa centang kolom Yes pada pertanyaan kebutuhan belajar bahasa Mandarin?

      Terima kasih, Kakak.

      Like

      • Halo,
        1. Pilih yg paling lama saja.
        2. Sebaiknya jangan, kalau ingin belajar bhs mandarin, coba saja nanti minta ke pihak univ pada waktu sampai di china, karena takutnya kalau dari awal dicentang akan membingungkan pihak univ, apalagi durasi belajarnya berbeda nanti.

        Semoga sukses.

        Like

        • O iya Kak 1 lagi.
          Saya bermaksud utk daftar via universitas. Katakan saja saya ingin apply langsung ke 3 universitas. Baiknya saya buat 1 akun atau 3 akun di web laihua? Karena kalau 1 akun dengan 3 pilihan universitas, bukankah kita cuma memasukkan agency number universitas pertama saja ya, Kak? Apakah 2 univ lainnya tidak bermasalah karena kita hanya memasukkan agency number univ pertama? Mohon sarannya.

          Like

  104. Saya bermaksud utk daftar via universitas. Katakan saja saya ingin apply langsung ke 3 universitas. Baiknya saya buat 1 akun atau 3 akun di web laihua? Karena kalau 1 akun dengan 3 pilihan universitas, bukankah kita cuma memasukkan agency number universitas pertama saja ya, Kak? Apakah 2 univ lainnya tidak bermasalah karena kita hanya memasukkan agency number univ pertama? Mohon sarannya.

    Like

  105. Saya minta data dong yang kmren dpt beasiswa ke china dri smk kesehatan alyasini angkatan 2018…makasih..🙏😊

    Like

  106. hi kak mw tanya nih, kalo mslny ak umur 18 thunnya bulan desember 2020 ini, jdi apakah masi membutuhkan legal guardian? jika masih membutuhkan, kalau ak gak ad legal guardian yg disana gimana ya kak? apa ada alternatif lain?

    Like

  107. ci mau tanya kalo masih SMA kan recommendation letter nya dari kepala sekolah, berarti 1 nya lagi bisa minta ke guru BK atau wali kelas ya? atau hanya perlu 1 aja?

    Like

  108. Thank you ci,tulisannya sangat bermanfaat buat temen2 yang mau apply beasiswa China. dari awal saya yang belum tahu CGS, sampai tanya komen disini, sampai akhirnya daftar di 2017 dan Alhamdulilah diterima dfan akhirnya mau wisuda di Northwestern Polytechnical University, Xi’an China 2020 . Thanks ilmunya

    Like

  109. Hi Lily,

    Saat ini saya sedang prepare dokumen buat CGS. Nah salah satu dokumennya adalah med certificate yang mana isinya lumayan komplit. Saya cek ke RS swasta di Jakarta biaya cukup mahal.

    Ada rekmendasi tempat buat medcheck ga? biasa ada rs khusus yg udah ada kerjasama paketan lebih murah. Dulu test dimana?

    Mohon infonya.

    Thanks, Danu.

    Like

  110. Halo, Kak. Untuk pengumuman beasiswanya itu dari status “Submitted” ke “Processing” biasanya berapa lama ya? Karena ada yang bilang jika kita mengambil beasiswa tipe A, setelah berkas kita direkomendasikan oleh kedutaan, statusnya berubah menjadi “Processing” dan jika dilihat dari timeline kedutaan, penjadwalan seleksi berkas berakhir bulan Februari, Kak. Semoga pertanyaan saya dapat dipahami ya:’) karena susah sekali menjelaskannya sebenarnya.. Terima kasih, Kak!

    Like

    • Tidak perlu dipusingkan. Perubahan status tidak menjamin apa-apa. Tunggu kabar final dari tempat kamu mendaftar saja ya 🙂

      Like

  111. halo kak, grup wechat yg di post di blog itu gk bsa untuk calon peserta beasiswa untuk tahun 2020/2021 ya kak ?

    Like

  112. Hi kak aku udh add friend request ya untuk join group wechat atas nama akbar maulana nugraha mohon di accept 谢谢🙏🙏

    p.s: maaf aku gasengaja ngirim friend requestnya sampe 3 kali, aku baru pertama kali pakai wechat

    Like

  113. Halo ci, boleh bantu ga mengenai wali di china? Skrg aku kehalang apply beasiswa krn gada wali dichina ;(

    Like

  114. Halo ci, boleh minta bantu mengenai guardian dichina? Karena aku gada wali sedih bgt ga bsa apply, mohon dibantu cii

    Like

  115. halo kak, mau tanya saat ini saya sudah semester 5 di salah satu kampus di hubei(jurusan medicine) , apakah bisa untuk apply cgs?

    Like

      • Jenjang mbbs juga kak, jadi saya selama ini mandiri bayar kuliah saya (MBBS) , mksud saya apa bisa saya mendaftar dan mendapatkan besiswa atau bantuan dana /biaya untuk membayar kuliah saya di tahun selanjutnya yang kira2 masih 4thun an lagi kak ??apa bisa dengan apply cgs atau harus apply yang lain kak agar dapat bantuan biaya /beasiswa kuliah di china? Tolong infonya ya kak 🙏🏻🙏🏻

        Like

        • Bisa, tapi kalau full scholarship harus mengulang dari tahun pertama. Kalau partial scholarship bisa langsung lanjut. Bisa ditanyakan infonya ke univ km yg sekarang kalau partial 🙂

          Like

  116. Hai kak, aku ud request join group di Wechat tapi belum di acc ya? Atau mungkin wechat ku bermasalah karena aku baru daftar wechat kmrn😥. Thanks kak

    Like

  117. Halo ka, maaf aku sent request yg baru utk join group atas nama Christina, mohon di acc ya ka. Request yg kmrn2 sdh expired sepertinya.
    Aku udah ganti alias dan pesan sesuai langkah2 yang di atas 😆. 谢谢你。

    Like

  118. Ci lily, saya mau tanya dong. Katanya untuk pendaftaran CSC/CGS tahun 2020 pengumumannya lewat email ya bukan yg bisa dipantau lewat website kedutaan? Itu betul atau nggak ya? Saya dapat info dr temen yg udh jd mahasiswa sana sih.

    Like

    • Maksudnya untuk pengumuman CGS tahun ajaran 2020/2021? Dengar-dengar sih untuk yang mendaftar via kedutaan, penerima CGS tahun ini dihubungi via telp oleh kedutaan. Bisa dipastikan juga ke kedutaan ya 🙂

      Like

  119. Halo Kak, terimakasih infonya bermanfaat sekali, sampai 1-1 komen pun dibalas, Insya Allah berkah ya Kaak membantu orang banyak..
    Kak, ada beberapa hal yg saya masih bingung :
    1. Saya sudah buat acc di CGS dan sudah isi 1univ sambil milih2 univ yg lain juga. Yg ingin saya tanyakan, jika kita apply lewat Kedubes, apakah tetap harus buat acc di web CGS dulu lalu pilih type A atau bikin acc-nya di web Kedubes (jika nanti pendaftaran sudah dibuka)?
    2. Jika langsung ke univ yg dituju, kita isi form online di web CGS dulu atau mendaftar di universitas dulu ya Kak?
    3. Saya juga mencoba beasiswa melalui Confucius Institute. Tapi di form ada yg menanyakan emergency contact di China dan saya ga punya sama sekali, padahal itu mandatory. Apakah ada masukan Kak, bisa diisi dengan apa?

    Sekali lagi terimakasih banyak Kak Lily,

    Like

    • Halo, thank u sebelumnya sudah mampir ke sini.
      1. Iya, akun di web laihua (untuk pendaftaran CGS) tetap harus dibuat, terlepas dari mana kita akan mendaftar nantinya. FYI, kedubes tidak menyediakan web untuk mendaftar, jadi daftarnya memang hanya di laihua saja.
      2. Form online di laihua tetap wajib. Kalau di web univ ini tergantung, apakah univ memintanya atau tidak.
      3. Hmmm… Kalau confucius kan biasanya mendaftar di lembaga yang ada kerja sama dengan confucius ya. Coba ditanyakan ke mereka, mungkin mereka ada kenalan/masukan.

      Good luck~

      Like

  120. Hai kak, yang di maksud transcript academic itu rapor sem 1- sem 6 atau SKHUN ya? Atau lamprikan keduanya? Terima kasih

    Like

  121. Ce..I 42 th.lanjut Phd dg cgs bs? Bgm spy bs?lgkp i syrt tambahn apa ?tq.
    O y beda program general sm senior mksd gmn? Ak tu ud s2 k Phd dg program general/senior bs?tq

    Like

    • 1. Persyaratan untuk daftar S3 seperti ini ya: be a master’s degree holder under the age of 40 when applying for the doctoral programs.
      2. General/senior scholar biasanya untuk mereka yang ada kepentingan khusus seperti belajar bahasa, melakukan riset dsb.

      Like

  122. Selamat Pagi Kak Lily, mohon maaf apabila sudah pernah ditanya tetapi saya tetap bingung.
    untuk maksimal univ yang bisa kita apply apakah 3 univ Tipe A & 3 univ tipe B (jadi total 6 univ) ? apakah benar seperti itu?

    Like

  123. hallo ka, saya ada coba untuk apply mandiri dalam membuat login terlebih dahulu di website nya cgs.cn. tapi sewaktu mau login, ada keterangan email belim terverified. itu kenapa ya ka? mungkin kaka bisa bantu?

    Like

  124. Halo kak, saya mau tanya, untuk persyaratan tahun ini apakah ada kewajianan melampirkan tes HSK? Saya sudah cek di website, terlampir seperti ini,

    Language ability certificate. Applicants with valid HSK Certificate (two-year validity),should enclose it in the application package . Applicants with valid IELTS or TOEFL Certificate (two-year validity), which is not mandatory, should enclose it in the application package.

    Terimakasih.

    Like

  125. Hallo…..Kak lili,kalo legal guardian tu harus kah kak?kek syarat wajib gitu kah kak??oh ya kakk untuk cgs sendiri itu masih menyediakan 1 tahun kursus bahasa Mandarin ga kak?
    Dan untuk recomendation letternya tu harus dari 2 orang ya kak?gak boleh 1 gitu kak.

    Like

  126. Halo kak, permisi. Saya mau tanya, setelah saya baca² diatas itu kan kakak ada nulis biaya asrama emang itu gak di cover sama pihak beasiswanya ya kak? Terus beneran dapat tunjangan nggak perbulannya 2500 RMB buat S1?

    Like

Leave a comment