FAQ Chinese Government Scholarship (Part 1)

1. Apa itu Beasiswa Pemerintah China?

Beasiswa Pemerintah China atau dalam bahasa Inggris disebut Chinese Government Scholarship (CGS) merupakan beasiswa yang diberikan oleh Pemerintah China kepada para pelajar asing (bukan warga negara China) untuk menempuh studi (S1/S2/S3) atau melakukan penelitian di China.

2. Kapan pendaftaran CGS dibuka setiap tahunnya?

Sekitar bulan Januari-April tiap tahunnya. Silakan menghubungi universitas yang ingin dituju karena setiap universitas memiliki batas waktu masing-masing. Bila ingin mendaftar melalui kedubes China di Jakarta, silakan menanyakan pada kedubes mengenai batas waktunya.

3. Apa saja yang harus dipersiapkan untuk mendaftar CGS?

Silakan ke sini.

4. Apakah CGS merupakan full scholarship? Apa saja yang termasuk dalam beasiswa ini?

Ada yang bersifat full dan ada yang partial, tergantung bagaimana teman2 mendaftar beasiswa ini. Bila melalui kedubes China di Jakarta, jenis beasiswa ada yang full dan partial, sedangkan bila teman2 mendaftar langsung di univ. yang ingin teman2 tuju, jenis beasiswanya cuma 1, yaitu  full scholarship. Dengan kata lain, seandainya teman2 mendaftar langsung di univ. yang ingin dituju dan kemudian diterima, maka pastilah beasiswa yang teman2 dapatkan bersifat full scholarship 😀

Full scholarship mencakup biaya kuliah, tempat tinggal, buku, asuransi kesehatan, dan tentunya uang saku 😛 . Sedangkan partial scholarship mencakup 1 (satu) atau beberapa item dari yang saya sebutkan tersebut, misalnya teman2 dibebaskan biaya kuliah, tapi tidak memperoleh uang saku dsb. Oh ya, ada kabar gembira nih, mulai tahun 2015 ini, uang saku juga mengalami peningkatan (horeee.. #garing), untuk S1 sebesar RMB 2500/bulan, S2 sebesar RMB 3000/bulan, dan S3 sebesar RMB 3500/bulan 😀

5. Apakah ada biaya pribadi yang harus dikeluarkan?

Yup, meskipun teman2 mendapat full scholarship pun, tetap ada biaya yang harus kita tanggung, biaya2 tersebut kurang lebih meliputi:

  1. Biaya pendaftaran (beberapa univ., terutama univ2 terkenal, ada yang meminta kita untuk membayar biaya pendaftaran, kurang lebih sekitar RMB 500, tapi jangan khawatir, banyak univ. yang tidak membutuhkan biaya pendaftaran)
  2. Pembuatan paspor
  3. Pembuatan visa
  4. Pembuatan residence permit
  5. Tes kesehatan (medical check up)
  6. Tiket pesawat
  7. Tes HSK
  8. Lain-lain (biaya pengiriman dokumen, fotokopi dokumen, legalisasi ijazah, dll)

Note: Peraturan tiap univ. bervariasi, belum tentu teman2 akan menanggung semua biaya yang saya tulis di atas; misalnya ada univ. yang memberikan subsidi untuk tes HSK dan pembuatan residence permit. Namun, pada tahap pendaftaran saja, yang perlu diperhatikan adalah no. 1, 2, 5, dan 8. Untuk tes kesehatan, ada yang mengatakan harus dilakukan sebelum mendaftar, ada pula yang mengatakan bisa dilakukan setelah sudah pasti kita menerima beasiswa (silakan ditanyakan dahulu ke pihak univ. yang bersangkutan) 🙂

6. Apa yang dimaksud dengan agency no. pada formulir CGS?

Setiap lembaga yang memiliki hak dari pemerintah China untuk mengadakan program CGS ini memiliki no. agen masing2, misal univ. A pny no agen sendiri, begitu juga univ. B, univ. C dst. Agency no. diisi sesuai dengan nomor agen di mana teman2 mendaftar beasiswa ini, misalnya teman2 mendaftar secara langsung di univ. A, berarti teman2 harus menuliskan agency no. untuk univ. A; kalau melalui kedubes China di Jakarta, teman2 bisa menuliskan agency no. kedubes itu hehehe. Untuk mengetahui agency no. univ2 tsb, teman2 bisa langsung menanyakan ke pihak univ. yang ingin dituju atau bisa meninggalkan komentar di bawah mengenai univ. mana yang ingin dituju, kebetulan saya memiliki daftar agency no. univ2 di China yang (menurut saya) cukup lengkap 🙂 semoga bisa membantu teman2 hehehe.

7. Apa itu  study plan atau research proposal?

Pada bagian study plan atau research proposal ini, teman2 diminta untuk menuliskan beberapa hal, seperti apa yang hendak teman2 lakukan dengan beasiswa yang akan diberikan, jurusan yang dipilih beserta alasannya, bidang minat penelitian atau penelitian yang hendak dilakukan nantinya, bagaimana hendak menerapkan ilmu yang didapat dsb. Teman2 juga bisa menceritakan sedikit mengenai latar belakang pendidikan teman2 serta hubungannya dengan jurusan yang diminati. Teman2 sebaiknya membuat study plan atau research proposal ini sedetail mungkin karena bagian ini merupakan bagian yang penting 🙂

8. Pada CGS app form ada bagian mengenai ”Contact in China”, bagaimana bila saya tidak memiliki saudara atau kontak yang bisa dihubungi di sana?

Bila teman2 berusia 18 tahun ke atas, kosongkan saja bila tidak ada, bagian ini tidak wajib diisi, tapi bagi teman2 usia 18 tahun ke bawah, sebaiknya bagian ini tetap diisi, mungkin bisa minta bantuan teman yang sudah tinggal di sana hehehe…

9. Apa maksudnya ”generate form”?

Setelah selesai mengisi formulir aplikasi CGS secara online, yang harus kalian lakukan adalah men-generate formulir tersebut. Generate sendiri secara sederhana bisa diartikan seperti submit atau mengumpulkan formulir aplikasi tersebut secara online. Setelah di-generate, berarti aplikasi teman-teman sudah masuk dalam database mereka.

10. Bagaimana cara untuk mengetahui bahwa app form berhasil di-generate?

Silakan cek di bagian status teman-teman, bila tertulis ”Application form has been already submitted”, artinya aplikasi teman-teman sudah berhasil di-generate.

11. Setelah CGS app form di-generate, saya sadar bahwa saya melakukan kesalahan pengisian formulir, bisakah saya menggantinya?

Ya, bila teman-teman melakukan kesalahan ketika mengisi formulir CGS, jangan khawatir, teman-teman bisa menggantinya, di bagian navigasi (sebelah kiri layar), silakan pilih “Retrieve Application” untuk mengganti bagian yang salah tersebut.

NOTE: Informasi di atas saya bagikan berdasarkan pengalaman saya meng-apply beasiswa di tahun 2014, jadi bila ada informasi yang kurang akurat tolong dimaafkan ya guys hehehe. Tapi, saya selalu berusaha meng-update info2 tersebut bila memang ada pembaharuan. Bila ada info yang kurang akurat, monggo saya diberitahu di bagian komentar hehehe..

FAQ Chinese Government Scholarship (Part 2)

429 thoughts on “FAQ Chinese Government Scholarship (Part 1)

  1. Saya ingin mendaftarkan beasiswa S1 ke Tiongkok, itukan harus lewat kedubes China di Jakarta. Berapa ya nomor agency? Lalu jika saya ingin bertanya-tanya tentang beasiswa ke kedubes apa ya alamat emailnya? Makasih atas bantuannya 🙂

    Like

  2. Sebelumnya terima kasih atas info yang telah diberikan di web ini, namun ada beberapa pertanyaan yang ingin saya tanyakan
    1. Apakah penerima beasiswa CGS wajib mengikuti kelas Mandarin dalam 1 tahun pertama? Meskipun program master yang dia pilih penyampaiannya dalam bahasa Inggris.
    2. Kenapa saya tidak bisa mengakses http://www.csc.edu.cn
    3. Bagi2 tips dan trik agar dapat CGS dong hehehe
    Terima kasih

    Like

  3. Terima kasih utk infonya, sgt membantu. Sy ingin Tanya, klo utk pendaftaran S1 apa perlu juga menuliskan study plan/research proposal? Terima kasih

    Like

  4. Halo, mau tanya, untuk nanjing university no agency berapa ya?
    Kalau saat ini sudah bekerja, untuk surat rekomendasinya bisa dari atasan / perusahaan? Makasi

    Like

  5. Saya sudah submit online form pendaftaran saya, saya apply nanjing normal university, dan saya sebenernya belum email nnu tersebut apakah tidak bermasalah? Saya dapet no agencynya dr teman. Saya harus kirim lgsg ke china nya itu gmn ya? Setelah disiapkan form dsb nya

    Like

    • Tidak masalah tanpa menghubungi univ tsb. Ini untuk pendaftaran S1 atau S2 ya? Kurang paham pertanyaan yg terakhir hehehe.. Maksudnya ingin bertanya bagaimana cara mengirimkan dokumen ke China kah?

      Like

    • Kedutaan Besar Republik Rakyat China

      Address: Jl. Mega Kuningan No.2, RT.5/RW.2, Kuningan Tim., Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

      Phone:(021) 5761039

      Like

      • Apakah bisa langsung menanyakan soal beasiswa ke kedubes via tlp?? Ato harus via email??
        Utk dpt beasiswa S1, apa perlu study plan? Kemudia ada interview utk dpt beasiswa nya? Universitas mana saja di china apakah bisa di apply utk beasiswa ini??
        Thank you sebelumnya 😁

        Like

        • 1. Bisa saja, tapi mungkin agak susah untuk tersambung teleponnya.
          2. Perlu, silakan cek bagian “How to Apply”.
          3. Ada yang menggunakan interview, ada yang tidak.
          4. Silakan cek situs resmi csc untuk pilihan univnya.

          Semoga berhasil 🙂

          Like

  6. Kalau daftar medicine bisa nggak? Itu kan 6 tahun sedangkan durasi beasiswanya 5tahun. Apa sisanya terus bayar sendiri?

    Like

    • Sorry, yg dimaksud medicine di sini apa ya? Western/Chinese Medicine?
      Durasi biasanya sekitar 5 tahun kok. Mungkin bs dicantumkan linknya, univ mana yg durasi untuk jurusan tsb selama 6 tahun? 🙂

      Like

  7. Ni hao Lily…. terimakasih banyak atas infonya sangat membantu, tetapi ada yang saya tidak mengerti ketika hendak mengisi no. agency.

    1. Jika saya mengisi no. agency dengan via 00005 (AUN), lalu apakah semua dokumen persyaratan tetap dikirimkan melalui Kedutaan China di Jakarta?

    2. Jika saya mengisi no. agency Tsinghua University apakah semua dokumen persyaratan dikirimkan melalui jalur kedutaan China di Jakarta?

    atau apakah no. agency yang diisi adalah no. agency kedutaan China di Jakarta? jika memang melalui kedutaan no. agency kedutaan tersebut berapa ya?hehehe

    Like

  8. Halo. Saya hari ini beberapa kali terus menelefon ke kedubes china, tapi tidak ada yang menjawab
    Saya mau mendaftarkan diri untuk beasiswa chinanya.
    Kira2 ada saran lain tidak ya selain telefon?

    Like

  9. saya masih belum mengerti tentang “agency no” itu dan kebetulan saya langsung mendaftar lewat online, dan bagaimana saya bisa mendafatkan “agency no” itu jika lewat online?

    Like

  10. mohon maaf sebelumnya, saya bisa minta ‘agency no’ nya, BEIJING FOREIGN STUDIES UNIVERSITY. NANCHANG UNIVERSITY dan BEIJING LANGUAGE AND CULTURE UNIVERSITY….? tolong responnya…terima kasih…

    Like

  11. maaf mb, mau tanyaaa.. soalnya saya masih bingung tentang beasiswa ini, dan saya baru mendaftar online,, apakah setelah itu saya bisa langsung kirim by email atau langsung ke universitasnya? Terimakasi mb 🙂

    Like

    • Halo. Bisa diconfirm ke univnya boleh tidak via email. Tapi pendaftaran cgs untuk tahun ini sudah ditutup ya. Beasiswa jenis lain masih ada, berbeda dng CGS tp ya 🙂

      Like

  12. mohon infonya dong mba,
    1. list agency kode yg kerjasanam dgn CGS Program?
    2. recomended university apa yang bagus yah mba untuk adminstration business?
    3. apa contact FB or WA nggak yah mba?

    makasih sebelumnya mba,..

    Like

    • 1. Univ/agen yg ingin dituju apa ya?
      2. Sudah saya share di bagian ranking univ.
      3. Nanti akan dibuka grup diskusi di WeChat sekitar bulan oktober. Dicek lagi ya nanti di blog 🙂

      Like

  13. Halo kak, saya dida mahasiswa di UESTC sichuan, chengdu. Kebetulan saya grantee untuk full chinese university scholarship. Apa ada kemungkinan buat saya untuk ganti scholarship nya ke CSC? Karena monthly allowance yang di kasih oleh universitas saya ini sangat kecil. Mohon bantuannya kak. Oh iya apa saya boleh minta akun email, wechat, dan QQ kakak? Terimakasih

    Like

    • Hmm.. tidak yakin bisa kalau melihat peraturan mereka. Tp silahkan dicoba kalo mau. Hanya saja bila diterima, biasanya harus mengulang kembali taun pertama 🙂

      Like

  14. Halo Jiejie. Ada dua jalur untuk mendapatkan beasiswa CGS, melalui kedubes dan universitas tujuan langsung. Kalau melalui universitasnya langsung bagaimana caranya Jie? Apakah kita kirim berkas2 kita ke Universitas tujuan langsng by Air Mail atau by email ke Universitas tujuan tersebut. Soalnya ada postingan yang mngatakan bhwa kirim lngsng ke Universitas tujuan. Saya bingung apakah kirim lngsng by Air Mail atau email Universitas tsb. Xiexie Jie 🙂

    Like

  15. Lily jie, saya lagi kmpul”in info mengenai beasiwa cgs.. persiapan buat tahun depan.. hehe.. jie tnya dnk, saya liat d bbrpa website, ada yg blg kita contact univ yg kita pengen dlu, tnya” cara apply mengenai beasiswa.. atau lgsg daftar di cgs nya aja ya ? Xie xie

    Like

  16. Halo. . .
    Apakah sy yg sdah lulus SMA sjak 2011, dn skarang brusia 23 thun msi bisa ikut program beasiswa tk s1 . . . ?

    Like

  17. Hai ci lily 😃 group wechat jadi dibuat ga ? Aku mau join atau mungkin contact cici juga boleh .. aku ada mau nanya2 cici soalnya ..
    Makasih 😃😃😃

    Like

  18. Maaf kak, boleh kah saya dimasukkan di grup wechat ? Soalnya barcodenya udh expired kak.
    Ini wechat saya kak : @Narman170695
    Terima kasih

    Like

  19. bias di share gak seluruh nomor agency nya??
    kebetulan sy mau apply s2 di Fujian normal university,guilin normal university dan Heilongjiang normal university.

    terimakasih

    Like

  20. Hallo kak lily, saya boleh minta daftar no agency kampus2 di china
    Rencana saya mau apply ke Tianjin University of Technology and Education, Beijing Normal University dan bbrp kampus lain kak

    Like

    • Tianjin University of Technology and Education = 10066
      Beijing Normal University = 10027
      FYI, agency no univ2 di china bisa ditemukan di google 😉

      Like

  21. Salam kenal Kak Lily

    Untuk no agency Jinan University berapa ya? Mohon bantuannya ya 🙂
    非常感谢您 :)

    Like

  22. selamat siang
    kak saya mau tanya mengenai persyaratan bahasa inggris untuk kuliah master ke china. Apakah menggunakan TOEFL atau IELTS dan berapa skor minimalnya ? Terimakasih kak dan semoga lancar kuliahnya. Sukses selalu

    Like

  23. mau tanya untuk surat rekomendasi, harus 2 maksudnya bagaimana ya bisa dijelaskan? misalnya 1 dr profesor 1 lagi dr kajur seperti itukah? trims

    Like

  24. Apakah benar kalau satu form online laihua bisa utk 3 pilihan universitas? klo benar, bagaimana pengiriman dokumen ke universitas di china nya? apa dijadikan satu?
    apakah pada research proposal selain menceritakan minat study,penelitian dll bisa ditambahkan juga proposal penelitian lengkapnya seperti ketika skripsi yg dilengkapi judul, latar belakang, metode dll?
    terimakasih, mohon dijawab ya

    Like

    • 1. Benar. Tapi untuk mendaftar ke lebih dari satu univ, saran saya sih sebaiknya membuat multiple account di laihua. Caranya bisa dilihat di postingan tentang pengalaman saya daftar CGS ini ya.
      2. Boleh saja. Bisa dibuat terpisah ya, study plan sendiri, research proposal sendiri.

      Like

  25. kak, ini ketika saya buka laman pendaftaran oline CGS, tidak ada pilihan untuk nambah 1 tahun belajar bhsa mandarin atau HSK. padahal informasi kakak tingkat sya yg berhasil lolos beasiswa pemerintah china tahun lalu, masih ada pilihan nambah 1 tahun bljar bhsa mandarin. nah saat ini sya lihat dilamannya tidak ada pilihan itu. entah ini aturan baru atau bgmn kak? atau mmg program nambah 1 tahun belajar bahasa mandarin sudah dihapuskan? mohon segera dibalas dan informasi selengkapnya, Terima kasih..

    Like

  26. Hello, selamat pagi Kak Lily!
    Perkenalkan nama saya Atho’, saya dari Semarang. Saya mau tanya untuk pelamar CGS dan beasiswa lainnya di China, bagi pelamar yang kasusnya sudah pernah belajar di China untuk program bahasa apakah ada pengaruhnya jika mau mendaftar full beasiswa dari CGS dan lainnya? Contohnya : tidak diprioritaskan atau didiskualifikasi. Ataukah itu semua tergantung dari persyaratan universitas tujuan?
    Terima kasih.

    Like

  27. kak Lily, aku mendaftar beasiswa CGS untuk bachelor degree, kemarin tgl 17 aku sudah submitt aplikasi secara online ke Laihua. lalu formnya aku print dan kukirim bersama dokumen2 lain ke kedubes China di Jakarta. sebelumnya aku sudah kirim email perkenalan ke beberapa universitas di cina yang saya pilih di aplikasi CGS. kemudian mereka balas yang isinya intinya mereka senang kalau saya sudah pilih univ mereka. apakah saya juga perlu kirimkan aplikasi CGS saya ke univ atau tidak perlu? apakah saya hanya perlu menunggu pengumuman dr embassy di JKT terkait beasiswa ini. karena kan beasiswa utk bachelor hanya bisa lewat emabassy. mohon pencerahannya kak Lily 🙂

    Like

  28. Kak mau tanya, kalo mau apply beasiswa s1 untuk lebih dari 1 univ apa boleh pake multiple account?

    Like

  29. hi kak lily..
    kalau boleh tau pembukaan beasiswa baru untuk tahun 2017 atau 2018 kapan ya?
    soalnya yg awal 2017, telat taunya, jadi ngak bisa daftar. Lalu, apakah di china ada buka beasiswa belajar Bahasa mandarinnya? Terima Kasih.

    Like

  30. zao shang hao..
    kak admin, sya tahun ini di bulan maret sudah mengirim berkas CGS ke kedutaan china. kira kira untuk pengumumannya di tanggal atau bulan berapa? pengumumannya lewat apa? adakah laman website yang saya bisa check info diterima atau tidaknya? adakah laman website untuk saya bisa check berkas saya atau keberlanjutan berkas saya? dan satu lagi, apakah saya bsa mendapat alamat email atau kontak admin tuk arahan CGS agar lbih cepat direspon?? mohon bantuannya dan balasannya.
    terima kasih..

    Like

    • Terakhir kali dengar info, katanya pengumumannya di bulan Juli, tapi kurang tau jg tanggal pastinya, coba ditunggu dulu ya, memang kalau daftar via dubes pengumumannya lebih lama 🙂

      Like

  31. Kak kalo via kedubes no agency nya apa ya? Terus aku kan punya temen orang Cina, nah nanti diisi apa kak yang contact in china?Temennya apakah harus dari kota yang sama dengan universitas kita atau tidak?
    Terus semua dokumen harus dalam bahasa inggris,sama dilegalisir notaris kah?
    Terakhir boleh gabung grup wechat kak lily tidak? Terimakasih kak 😊

    Liked by 1 person

  32. Haloo ci liliyyyy, thank you bgt website ny ngebabtu banget . Oh ya aku mau nanya . Itu kalo no agency nya aku isi sama kedubes berarti file nya mesti ku kirim ke kedubes ? Atau mesti aku kirim ke univ yg di cina ? Trs univ apa co yg bagus di cina? Rekomend in dong. Trs btw minta id wechat cici dong, biar kalo idah open group bisa langsung join dan ga ketinggalan info. Thanks before 🙏

    Like

    • 1. Iya, dokumen dikirim sesuai no agen yg diisikan.
      2. Univ yg bagus sudah kushare ya 🙂
      3. Untuk pendaftaran beasiswa thn ajaran 2018/2019, grup wechat akan dibuka sekitar bulan okt 2017, bisa cek ke blog nanti ya 🙂

      Like

  33. Halo kak ci, mau taya nih, apakah boleh mendaftar beasiswa cgs tetapi sudah menerima president scholarships, karena presiden scholarships hanya mengcover tuition fee saja, terima kasih banyak

    Like

  34. kak saya mau tanyak. saya di nyatakan lulus Via email di universitas academi of art. tapi admission notice belum nyampek. di tanyak kembali ke pihak kampus apa sudah dikirim atau belum tidak ada balasannya kira-kira bagaimana solusinya?

    Like

  35. kak Lily, mau tanya pendaftaran beasiswa sudah dibuka belum ya kak? saya rencana cari beasiswa kuliah S1 di China. mohon infonya terimakasih kak 🙂

    Like

    • Pendaftaran untuk tahun ajaran 2017/2018 sudah ditutup ya. Untuk tahun ajaran selanjutnya, pendaftaran biasa dibuka tiap awal tahun (cek di atas ya) 😉

      Like

  36. Setelah apply beasiswa ke sekolah atau ke kedutaan apakah ada test tertulis lagi? Bila ada test itu Di indo atau di china? ( kalo tes wawancara kan lewat skype)

    Like

  37. lily jie, untuk beasiswa ini berlaku untuk smua univ d china ya? llu untuk S1 kan harus lewat kedubes, perlu hub professor d univ brsangkutan lg ndk atau hub pihak kedubes? llu boleh minta no agency kedubes?

    Like

    • 1. Tidak semua univ, tapi banyak kok pilihannya.
      2. Silakan jika ingin menghubungi prof di univ yg bersangkutan, tidak wajib kok.
      3. No agen kedubes: 3602.

      Like

      • lily jie, untuk menghubungi prof di univ bersngkutan gmn ya? llu untuk yang ad ikut test HSK tetapi hasilnya belum keluar gmn ya jie? satu lgi, untuk mengetahui dapat beasiswa full atau partial gmn ya jie?

        Like

        • 1. Bisa cek email profnya di web univ yang bersangkutan atau tanya email profnya ke pihak univnya.
          2. Bisa daftar tanpa HSK.
          3. Bisa menunggu pengumuman penerimaan beasiswa, nanti akan diberitahu dapat full/partial.

          Like

  38. Lily jie…sy mau tanya nich..
    Sy SMA di taiwan, saat ini kls 3 SMA.
    -Apakah bisa ikut daftar CGS utk S1 di china?
    -Apakah tetap hrs lwt kedubes china di Indo?
    -Status pendidikan sy saat ini bagi china dianggap ank lokal atau internasional?
    -Dan HSK apakah tetap diperlukan? Sedangkan bhs mand sy sdh lancar.
    Tks jie..

    Like

    • 1 & 2. Bisa, memang untuk S1 jalur pendaftarannya via kedubes di Indo untuk CGS, kecuali jenis beasiswa yg lain.
      3. Melihat warga negara, dianggap internasional.
      4. Mengenai ini, harus confirm lagi ke univ yg ingin dituju ya. Bilang saja kalau sudah SMA di Taiwan dengan menggunakan bhs pengantar Mandarin.

      Semoga sukses!

      Like

  39. Terima Kasih Lily jie atas jawabannya.
    – Kalau hubungi Kedubes China bagaimana caranya? Krn tlp bagian pendidikan cuma ada no. fax saja. Kalau emailnya jie jie tau gk?
    – Dan pendaftaran CGS klu lewat Kedubes China bisa dimulai bln apa?

    Like

    • 1. Wah kurang tau juga kalo emailnya ya, blm pernah hub via email soalnya, coba di-googling dulu ya, mungkin ada.
      2. Sekitar awal tahun, Januari-April, tiap tahun bisa berbeda.

      Like

  40. Hallo ce lily..saya mau nanya :
    1.infio kebenarannya.untuk full scolarship ..apabetul mrndapat free uang kuliah..buku…asrama…uang saku selama 4 th? ..krbetulan saya sempat baca di google sinchuan beasiswa university…
    2.kalau pendaftarannya bulan jan sd april…waktu kuliahnya mulai bulan apa? Ini saya kan masih kelas 12 ijasah pasti belum keluar kalau prndaftarannya bulan jan’ april berarti gak bisa ya? Mohon info dan sarannya ya ce lily..thx

    Like

    • 1. Sudah dijawab di atas di bagian FAQ 😉
      2. Bisa menggunakan rapor smt 1-5 dan SKL (surat keterangan lulus) atau sejenisnya yang menyatakan akan lulus tahun ini.

      Like

  41. selamat malam waktu indonesia ka lily
    ka saya berminat untuk ikut program CGS, guna mendapat informasi terkait pendaftaran saya menghubungi beberapa kampus melalui email, namun sudah dua minggu sejak pengiriman saya belum dapat balasan. hal itu saya lakukan karena website beberapa kampus tidak memberikan secara informasi soal penerimaan atau karena saya memang kudet ya 🙂

    aga oot saya coba instal wechat, tapi saat aktivasi aplikasi menujukan kode barcode yang harus di scan oleh pengguna wechat lainnya. adakah pengunjung situs ini yang bisa membantu?

    trims 🙂

    Like

  42. 姐姐。。 aku kan lulusan sma nah itu surat rekomendasinya kalau dari wali kelas bagaimana? Dan wali kelas ku itu bukan *prof* itu mempengaruhi banget ya 姐? 😔

    Like

  43. Halo kak Lily, aku mau nanya, kak. Dari kampus ku ijazah sama transkripnya billingual. Itu boleh dikumpul gak kak? Semisal boleh berarti berkasnya cuma perlu dilegalisir aja kan kak gak perlu ke notaris? Makasi Kak

    Like

  44. Hallo ce boleh add saya ke grup wechatnya? Karena barcodenya sdh kadarluasa ce
    Id wechat : venn1996
    Terima kasih

    Like

  45. Selamat pagi mba.

    Mba mau menanykan terkait “Physical Examination Record for Foreigner”. Maksudnya keterangan sehat ya ? Bentuknya seperti apa ? Siapakah yang mengeluarkannya ?

    Terima kasih mba.

    Like

  46. Kak untuk nomor agency di Shanghai Normal University berapa kalo blh tahu? saya berniat ambil jurusan elementary school. Terimakasih

    Like

  47. Hi ci,

    general scholar itu apa ya maksud nya? aku rencana mau daftar yang general scholar jurusan Chinese Language in Business tahun ketiga, terus bayar biaya pendaftaran RMB 500 itu buat yang S2 aja atau berlaku untuk semua? saat daftar di website univ perlu pilih yang self-support atau government scholarship?

    waktu itu aku pernah lihat kalau pilih yang chinese government mereka minta “Award Letter”, aku kurang ngerti.

    untuk S1 dan general scholar, bagaimana cara dapat pre admission letter dari univ nya?

    thankyou

    Like

    • 1. Bila ingin melakukan research di China, bila ingin belajar bhs saja bisa juga pilih ini.
      2. “general scholar jurusan Chinese Language in Business tahun ketiga”. Maksudnya tahun ketiga apa ya?
      3. Mengenai app fee, bisa coba kontak univnya ya.
      4. Kalau apply untuk beasiswa, pilih yg scholarship.
      5. Award letter biasanya dapat dari dubes, coba kontak pihak dubes untuk info lebih lanjut.

      Like

  48. Agency no tsinghua university, fudan university, Zhejiang university Dan Nanjing university ap yah ci….. Makasih

    Like

  49. ci, kapan ya wechat group nya dibuka lagi? saya mau bergabung dan bertanya nih.
    soalnya skrg saya sudah SMA 3 dan january 2019 saya mau apply CGS…. mohon barcodenya ya kak …..

    Like

    • Silakan discan ya. Biasanya tiap tahun ajaran baru akan dibuka grup yg baru, jadi bisa join di grup yg baru jg nanti sekitar bulan Oktober 2018 🙂

      Like

  50. Pagi Lily, pengumuman siswa yg diterima uda keluar ya untuk tahun ini? Kita bisa tahu enggak siapa aja yg keterima?

    Like

    • Kalau daftar via embassy, sudah keluar pengumumannya, penerima beasiswa juga sudah dihubungi. Bila ingin memastikan, bisa coba kontak embassy untuk menanyakan apakah nama kita ada di daftar penerima CGS.

      Like

  51. Halo mbak Lily,

    Saya ingin daftar master di Tsinghua atau PKU yang program pengantarnya bahasa China. Apakah bisa mendapatkan conditional Letter of Offer dari univ tersebut walau belum lulus HSK yg mereka persyaratkan? Maksudnya, kalo bisa mendapatkan surat penerimaan sementara (conditional offer, karena blm submit HSK), saya ingin mendaftar lewat kedubes.

    Kalo daftar di english program Tsinghua atau PKU tuition-nya mahal (RMB 60rb) sdngkan utk yg chinese program cuma RMB 29rb. takutnya kalo daftar yg english program (kalo misal lolos) nanti cuma dpt partial scholarship, karena alokasi utk tuition cuma RMB 30rb (maksimal).

    Mohon jawabannya ya mbak, maaf beribet.

    #Pertanyaan saya yg di baris ketiga itu:
    “Apakah bisa mendapatkan conditional Letter of Offer dari univ tersebut walau belum lulus HSK yg mereka persyaratkan?”

    Like

    • 1. Wah kalau masalah surat spt ini harus kontak univnya ya 🙂
      2. Masalah english-taught kalau takut dpt partial, ini juga sebaiknya diconfirm lagi ke univnya, apa benar kalau daftar english-taught dan lolos, nanti dptnya cuma partial.

      Good luck!

      Like

  52. Halo kak, mau tanya untuk yg undergraduate, sebaiknya dokumen apa saja yg harus saya sediakan terlebih dahulu sebelum mengisi online application nya, karna yg saya liat di blog kakak ttg step by step mengisi application online ada no.passport (kalau tidak salah ehe), adakah dokumen lain yg harus saya persiapkan terlebih dahulu? Dan part ‘contact me’ kok sudah tidak ada termasuk grup we chat nya kak ehee terimakasih.

    Like

  53. kak aku mau tanya. apa benar di tahun 2019 ada program baru scholarship yang namanya belt and road program yang dikhususkan hanya s1?

    Like

  54. Kak, untuk pendaftaran cgs periode ajaran 2019 sudah bisa kah? Dan saya boleh di masukkan kan ke group untuk mendapatkan info?

    Like

  55. Mbak, apakah yang dimaksud full scholarship itu kita benar-benar dibebaskan biaya sekolah berapapun biayanya itu? Karena sy baca di website http://www.campuschina.org/content/details3_74776.html untuk coverage tutionnya tertera 25000 per tahun. Sementara itu dari website kampus yang ingin saya masuki (antai college di Shanghai Jia Tong) total tuitionnya sebesar 188000. Apakah berarti jika keterima beasiswanya saya harus membayar selisih biaya keduanya itu? terimakasih

    Like

      • Iya mbak, 188000 itu untuk total biaya selama studi. Sehingga krn studinya 2 tahun, berartuitotal biaya itu dibagi 2, sekitar 94000 per tahun. Dgn demikian masih ada selisih biaya dgn tuition yg di-cover beasiswa. Mohon pencerahannya.
        Terimakasih byk sebelumnya.

        Liked by 1 person

  56. hallo lily jie..
    setalah baca” info di atas, ada hal yg masih kurng saya paham.. yang pertama sekarang saya dlm proses penyusunan skripsi yg kemungkinan selesai pd bulan febuari nanti dan kemungkinan wisudanya pd bln mei, utk pendaftaran beasiswa CGS tahun 2019 dilakukan pada bln brp?..
    seandainya sblm nilai saya keluar pendaftaranya d tutup apakah bisa di lampirkan transkrip nilai yg ada saja?.. dan bila d univ tempt saya kuliah tidak memiliki referensi prof (baru ada Dr) apakah masih perlu melampirkan referensi, karena saya tidak punya kenalan prof..
    saya rencana mau mendaftar melalui kedubes dan memilh beasiswa S1 karn saya kurang pecaya diri pd kemampuan bhs inggris yg menjadi syarat S2, apa sya mesti ambil S1 atau S2 (d mohon saranya) .. dan referensi dari kantor tempt saya kerja apakah masih bisa d gunakan.. Kempudian pd tahap wawancara, akan dilakukan oleh pihak kedubes atau univ tujuan?

    maaf saya banyak bertanya, and saya baru masih 22th, th dpn..trima kasih perhatianya 🙂

    Like

    • 1. Jadwal pendaftaran tiap thn bisa dicek di atas ya (faq).
      2. Iya, dilampirkan transkrip yg ada saja dan surat pengganti ijazah.
      3. Tetap dilampirkan. Tidak harus prof tdk apa2.
      4. Kemampuan inggris sebagai syarat s2? Ini maksudnya bagaimana ya? Mungkin bisa dijelaskan ingin apply apa dengan beasiswa ini?
      5. Wawancara apa ya? Dubes tidak ada wawancara.

      Usia tdk menjadi masalah. Harus percaya diri. Good luck 🙂

      Like

  57. Hai..
    aku mau tanya, ada tdk beasiswa untuk bahasa selama 1 tahun di china? Kalo ada saya hrs mendaftar kmn ya? Krn saya sgt tertarik untuk bisa sekolah bahasa mandarin di china. Dan untuk univnya, apa kita yg memilih atau sudah ditentukan? Terimakasih sebelumnya..

    Like

  58. hi Kak lily

    mau tanya itu pembuatan medical check up dilakukan sebelum kita mendaftar CGS atau sesudah berkas kita diterima ?

    Like

      • Kak mau Tanya sekolah saya tidak bisa mengeluarkan surat keterangan akan lulus dari sekolah tapi bisa mengeluarkan surat bukti sebagai peserta ujian nasional kecuali harus ujian nasional terlebih dahulu baru bisa dapat surat ket.lulus , saya UN nanti tanggal 25 Maret sedangan beasiswa csc nya tutup awal april.

        Jadi, apa bisa pakai surat bukti sebagai pseserta UN dulu??

        Like

  59. Halo mba Lily, saya ingin join group dan sudah coba scan QR code di halaman “wechat group” , please add saya (ID: nabilah_hg10), terima kasih

    Like

  60. Greetings from Bhutan.I want a good scholarly friend from Chinese universities to connect on we chat@pembawangchukpenjor
    This solely for sharing or fostering international education system,Thanks.

    Like

    • Hi! Thanks for visiting this blog. Unfortunately, I was graduated last year and not in China anymore. Good luck for your study 🙂

      Like

  61. Halo kak Lily, saya mau nanya nih. Sekarang saya kan di posisi SMA kelas 11 (sekarang semester 2), apakah saya harusnya apply untuk CGS 2019/2020 atau menunggu untuk CGS 2020/2021. Apakah kalau saya ngambil yang CGS 19/20 (tahun ini) saya akan kuliah juga pada tahun ini? Atau pada tahun depan? Terima kasih kak. Ditunggu jawabannya kak 🙏🏻 😀

    Liked by 1 person

  62. Hi kak. Aq mau tanya nih. Aq kan apply master dlm chinese taught program 3 thn dan perlu kelas bhs 1 thn jd total program 4 thn. Tp pas registrasi di website csc durasi study aq buat 3 thn aja sesuai program masternya gk tambahin 1 thn buat belajar bhs. Itu gmn ya kak kira2? Thanks buat pencerahannya..

    Like

  63. malam ce mau tanya, kalo sudah tentuin univ pertama dan dua di csc , masih bisa di edit g ya? ini saya belum submit form nya cuman isi aja tapi sekarang mau ganti tidak bisa(tidak muncul lagi)。 Kenapa ya? terima kasih

    Like

  64. Ci, saya mendaftar tipe A dan status aplikasi saya sekarang “In Progress” itu artinya apa ya ci? Apakah saya lulus seleksi oleh embassy?
    Mohon petunjuknya ya ci.

    Xiexie

    Like

  65. Kak!
    Salam kenal…
    Saya Qiang Wei Jiang, sudah menambahkan akun WeChat kakak sebagai teman. Mohon konfirmasi-nya untuk di add ya kak 😇🙏 .. terima kasih.

    Nama akun saya sama dengan nama tertera.

    Like

  66. Halo kak! Saya mau apply untuk S1, untuk ijazah dan rapot kan sudah ditrans ke inggris dan aku udah legalisir ke sekolah. Kalau udah begitu, apa aku harus tetep notaris? Bisa tidak pakai yang trans inggris dan legalisir sklh saja? (jdi tidak perlu notaris lagi)

    Like

  67. Halo kak! Saya mau apply untuk S1, untuk ijazah dan rapot kan sudah ditrans ke inggris dan aku udah legalisir ke sekolah. Kalau udah begitu, apa aku harus tetep notaris? Bisa tidak pakai yang trans inggris dan legalisir sklh saja? (jdi tidak perlu di notariskan lagi)

    Like

    • Hmm.. Coba langsung kontak univ yang ingin dituju ya untuk konfirmasi yang lebih pasti. Tapi terlepas dari bisa atau tidaknya, kalau memang sudah ada dasar di bidang itu sih boleh” aja, tp kalau sama sekali nggak ada dasar, saya pribadi tidak terlalu menyarankan. Karena S2 biasanya sudah tidak belajar dari awal lagi, nanti susah mengikuti materinya.

      Like

  68. Hi kak, klo saya sudah punya sertifikat HSK 4 apakah saya tetap harus mengikuti kelas bahasa 1 th lagi? jika kita hanya mencantumkan sertifikat HSK tanpa toefl apakah kemungkinan besar kita kuliahnya nanti dgn bahasa pengantar mandarin? Dan saya dengar setelah kita mendapat beasiswa itu nantinya kita akan mengikuti ujian cgs pd th pertama, itu berlaku untuk semua penerima beasiswa ya kak?

    Like

    • 1. Tergantung, kalau syaratnya cukup dengan HSK 4, berarti tidak perlu mengikuti kelas preparation lagi.
      2. Kita yang memilih mau kelas dng pengantar bhs mandarin/inggris. Untuk S1, jika CGS, pilihannya sementara hanya pengantar bhs mandarin.
      3. Iya, ada tesnya.

      Like

  69. maaf mau tanya mbak, saya belum upload semua syarat, tapi sudah dapat imel seperti ini
    Forward
    info@csc.edu.cn
    Wed 1/22/2020 10:26 PM
    Dear Mr. Josaphat Pramudijanto,

    The letter of reference request sent to you on behalf of China Scholarship Council for applicant KOKO JONI has been cancelled. Please contact the applicant at kokojoni@trunojoyo.ac.id if you have any question.

    Thank you!

    China Scholarship Council

    Dear Mr. Josaphat Pramudijanto

    The request for a letter of recommendation sent to you by the applicant KOKO JONI by the China National Study Abroad Fund Management Committee has been cancelled, and if in doubt, please contact the applicant via kokojoni@trunojoyo.ac.id.

    Thank you!

    kenapa ya kok d cancel, saya kontak ke info@csc.edu.cn, ndak bisa masuk imelnya karena servernya penuh
    terima kasih atas bantuannya

    Like

  70. halo mbak, maaf mau tanya
    saya sudah apply tapi belum submit semua, yang bagian referensi, pemberi referensi saya kok sudah dapat imel spt ini ya
    Forward
    info@csc.edu.cn
    Wed 1/22/2020 10:26 PM
    Dear Mr. Josaxxx

    The letter of reference request sent to you on behalf of China Scholarship Council for applicant KOKO JONI has been cancelled. Please contact the applicant at kokojoni@trunojoyo.ac.id if you have any question.

    Thank you!

    China Scholarship Council

    Dear Mr. Josaphat xxxx

    The request for a letter of recommendation sent to you by the applicant KOKO JONI by the China National Study Abroad Fund Management Committee has been cancelled, and if in doubt, please contact the applicant via kokojoni@trunojoyo.ac.id.

    Thank you!
    kenapa ya mbak, saya imel ke info@csc.edu.cn tapi tidak bisa karena imelnya penuh
    atau ada kontak lain utk menanyakan hal tersebut
    terima kasih

    Like

    • 1. Tergantung ingin mendaftar via mana. Bisa dicek di webnya ya.
      2. Nanti biasanya dikasih sama guru di sana kalau belum punya nama china.

      Like

  71. Mau Tanya ka,kalau Kita ikut CGS Tipe A Dan B,Lalu Pengumuman Tipe kan lebih awal divanding Tipe a, trus Kita keterima di Tipe B, apakah yg Tipe A nya auto gugur

    Like

  72. Mau Tanya ka,kalau Kita ikut CGS Tipe A Dan B,Lalu Pengumuman Tipe b kan lebih awal divanding Tipe a, trus Kita keterima di Tipe B, apakah yg Tipe A nya auto gugur

    Like

    • Hmmm… Sekarang sih sistemnya makin ketat yah, bisa jadi kalau sudah diterima salah satu, aplikasi yg lainnya otomatis gugur.

      Like

  73. Kak kalau udah menjadi mahasiswa s1 di salah satu kampus di china tapi mandiri kak bukan beasiswa,kalau ingin mendaftar atau mendapat beasiswa dari CGS apa bisa kak?

    Like

    • Bisa, tapi kalau untuk full scholarship, nanti mengulang dari awal ya studinya. Kalau partial scholarship bisa tetap lanjut. Bisa coba tny pihak univnya apakah menyediakan scholarship untuk murid yang sedang belajar di sana.

      Like

  74. Hai kak lily, mau nanya kalau utk document pendaftaran CGS itu perlu ijazah dan rapor yang di translet dan batasnya akhir maret
    Jd utk pembagian ijazah bisa bulan juli. Jd gimn y kak? Trs kalau bisa menyusul apakah kita perlu menulis keterangan tambahan utk univ yang kita tuju?

    Like

    • Bisa pakai semacam surat pengganti ya, seperti SKL (surat keterangan lulus) atau sejenisnya. Bisa tanya ke pihak sekolah mereka menyediakan yg mana.

      Like

  75. Halo kak saya mau nanya……saya mau apply untuk undergraduate lewat univ bisa nggak? Soalnya saya lihat di persyaratan mereka bilang hanya untuk master dan doctoral aja..coba kak bantu jelasin?

    Like

  76. hai ci lily, aku udah add wechat. tapi blm di-invite ke grup 😦 mau tanya, kalo utk pas foto MCU, harus pakai ukuran berapa dan background warna apa ya? thank you!

    Like

  77. mau tanya ci, kl mau full scholarship, itu masukin tipe A/ tipe B untuk s2 ?

    karena saya baca2 di google dan lihat2 di youtube infonya beda2 ci, jadi bingung.
    ada yg bilang tipe a itu kl mau full scholarship
    tipe B itu kl partial scolarship

    tp ada jg yg bilang kl tipe A itu untuk jalur kebudes
    kl tipe B untuk kl sdh tau mau diuniv mana?

    saya jg sdh join wechatnya, tp blm ditrima ci

    Like

  78. 1. Aku baca section Our CGS Story ci Lily, apakah aku boleh minta kontak kak Faiz yang diterima tahun 2016 part 3? Karena di sana tidak ada kontaknya dan aku berencana untuk mendaftar di univ yang sama dengan kak Faiz.
    2. Adakah murid/mahasiswa Indonesia yang mendaftar CGS untuk Chinese Language Program saja apakah mungkin mendaftar CGS untuk non-degree tersebut?

    Like

    • 1. Kalau tidak ada kontaknya, berarti ybs memang tidak berkenan untuk dihubungi ya.
      2. Hmm… kalau untuk bahasa saja lebih disarankan melalui beasiswa confucius ya, peluangnya lebih terbuka.

      Like

  79. Hallo kak, mau numpang tanya, apakah boleh jika mendaftat 2 beasiswa sekaligus ? ( beasiswa dari universitas dan beasiswa CSG).

    Like

  80. Halo kak, saya Rora ingin menanyakan mengenai english certificate, apabila belum ada sertikat tersebut, lebih baik mendaftar ke dubes/ university langsung kak? karena saya melihat di beberapa univ membutuhkan sertifikat tersebut.
    Kemudian, apabila ingin mendaftar CSG melalui universitas, apakah itu sama dengan persyaratan pada scholarship ini (contohnya) https://www.campuschina.org/content/details3_123289.html
    terima kasih kak

    Like

    • 1. Kalau daftar yang chinese-taught class seharusnya sudah tidak membutuhkan english certificate ya.
      2. Seluruh dokumen untuk CGS sama saja ya persyaratannya, kecuali tempat/pihak di mana km mendaftar memang meminta dokumen tambahan dan itu biasanya bisa dicek di web mereka atau bisa langsung ditanyakan ke pihak yang bersangkutan.

      Like

  81. hallo ce lily sy mau bertanya tntg no agensi yang bisa di hubungi untuk universitas beijing language di indonesia.
    terimakasih

    Like

  82. halo Kak Lily, mau nanya lagi..
    saya sudah submit form pendaftaran CGS nya (utk general scholar, type A) trus di bagian akhir ada peraturan yg salah satunya tertulis begini :

    within each enrollment year, each applicant is allowed submit no more than 5 applications, including a maximum of 2 type A and 3 type applications of type B.

    apakah ini maksudnya utk type A boleh bikin 2 account berbeda dan bisa submit aplikasi lagi? sehingga bisa ada 6 pilihan universitas?

    mohon pencerahannya ya Kak, terimakasiih.

    Like

  83. 1. Ci, kalo submit CGS application form untuk tahun depan, bisa dari sekarang atau saat pembukaanya diawal tahun ya?
    2. Ci, sebaiknya mengisi application form diakhir tahun atau tunggu pembukaannya saja ya?
    3. Ci, untuk S1 sebaiknya type A atau B ya? Atau keduanya baik dan diperbolehkan diambil keduanya? Kemudian, adakah daftar universitas yang menerima pelajar international tanpa biaya application form? Jika ci Lily dan kawan – kawan disini tau, dimanakah saya bisa mendapatkan/melihatnya?

    Sekian, Terima Kasih

    Like

    • 1 & 2. Kemungkinan bisa diisi sekarang, tapi tidak perlu cepat” sih. Persiapkan dulu saja dokumen-dokumen lain yang dibutuhkan dan cari” universitas plus jurusannya dengan matang. Tidak ada kelebihan apa-apa dengan mengisi cepat” di awal.
      3. S1 secara umum hanya bisa tipe A ya. Cuma memang ada beberapa universitas yang memberikan beasiswa tertentu yang termasuk tipe B. Ini harus cek infonya di tiap” univ sih. Kalau masalah application fee, masih belum punya daftarnya. Biasanya dapat info dari sharing teman” yang lain. Silakan join grup wechat kita ya untuk info” terbaru mengenai CGS 🙂

      Good luck~

      Like

  84. Halo cii, ci aku ada beberapa pertanyaan ci
    Di tahun 2023 itu pendaftaran csc gimana ya ci? Apa masih boleh multiple account? kalau boleh multiple account apa ada batasnya ci? (misalnya 1 application type b, dan 2 application type a, karna sekarang type b hanya bisa daftar 1 univ saja)
    2. Sebelumnya saya udah coba daftar ci 1 account untuk type a (pilih 3 univ), 1 account untuk type b (1 univ saja) dan aku cek kalau ada beberapa univ yang menyarankan bayar uang pendaftaran ya ci? kalau univ tersebut aku daftar di type A apa perlu dibayar ci? karna feenya lumayan berat apalagi karna aku apply di beberapa kampus
    Thank you ci 🙂 have a nice day !

    Like

    • Halo Mei,
      1. Setahu saya, terakhir masih boleh multiple acc, cuma memang ada batasan. Ini saya agak lupa jumlahnya berapa, harusnya di web csc/laihua ada penjelasannya.
      2. Iya, beberapa univ memang membebankan biaya pendaftaran. Kalau untuk type A seharusnya tidak perlu membayar biaya pendaftaran lagi.

      Untuk info selengkapnya, bisa coba join di grup wechat kita ya, silakan add admin kita dengan wechat id: cicidoraa. Sewaktu add friend, bisa tolong mencantumkan pesan kalau ingin join grup wechat untuk CGS 2023 ya 🙂

      Thank you.

      Like

  85. Halo ci, saya tadi salah ketik pesan ke cicidoraa dan hapus pesannya, tapi ternyata WeChat hanya bisa mengirim pesan sekali jadi saya tidak bisa mengirim pesan lagi, tolong masukan saya grup CGS 2023
    Sekalian mau tanya :
    1. Untuk type A ,jika mendaftar 2 univ dokumen yang dibutuhkan itu rangkap 2 atau 2 x rangkap 2?
    2. Untuk type B, jika telah mendaftar langsung ke univnya apa perlu mendaftar ulang melalui aplikasi online csc? Jika perlu apa pendaftaran type B dan A di daftarkan bersama atau harus menggunakan akun yang berbeda

    Like

Leave a comment