FAQ Chinese Government Scholarship (Part 2)

12. Apakah saya hanya bisa memilih maksimum 3 universitas ketika mendaftar CGS?

Untuk setiap formulir aplikasi CGS, teman-teman memang hanya bisa memilih maksimum 3 universitas. Namun, bila teman-teman ingin memilih lebih dari 3 universitas, kalian bisa membuat account tambahan di laihua atau dengan kata lain, silakan membuat multiple account 🙂

13. Manakah yang lebih baik (kemungkinan mendapat beasiswa lebih besar), mengirim berkas melalui kedubes China di Jakarta atau langsung mendaftar melalui universitas yang saya inginkan?

Bila melalui Kedubes, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, antara lain: a. Kuota beasiswa tidak banyak, sekitar belasan saja, serta lebih mengutamakan mereka yang ingin menempuh S3. b. Bila berhasil memperoleh beasiswa, ada kemungkinan universitas tersebut bukan merupakan universitas pilihan kalian. Misalnya, kalian memilih 3 universitas, yakni A, B, C. Ada kemungkinan teman-teman ditempatkan di universitas D, yang sama sekali di luar pilihan kalian. Hal ini bisa terjadi karena CSC (pihak yang menangani CGS) memang memiliki hak untuk melakukan hal ini. CSC memiliki hak untuk mengirimkan berkas2 kalian ke universitas di luar pilihan kalian. Universitas tersebut kemudian akan me-review berkas2 kalian, dan bila mereka tertarik, jadilah kalian bisa diterima di universitas yang bukan pilihan kalian.

Bila teman2 mengirim langsung ke universitas yang dituju, kemungkinan untuk diterima (terkadang) lebih besar, karena kuota univ biasanya besar, ada yang mencapai sekitar 50-100 orang. Selain itu, keuntungan mendaftar langsung di universitas pilihan kita adalah: Pertama, bila ada yang ingin ditanyakan, bisa langsung kirim email ke mereka dan kadang mereka cukup cepat juga dalam merespons email. Kedua, biasanya mereka yang mendaftar langsung ke universitas memperoleh pengumuman lebih cepat daripada yang mendaftar melalui kedubes hehehe.. Oh ya, keuntungan lainnya adalah ada juga univ2 tertentu yang mau kok menerima berkas2 kita via email, jadi nggak perlu buang2 biaya untuk kirim pos deh, lebih praktis pula 😀

So, kalau saya yang ditanya nih ya, jelas saya lebih prefer kirim ke univnya langsung :P, kecuali kalau teman2 mau mendaftar untuk S1, memang harus melalui Kedubes 🙂

14. HSK itu apa sih?

HSK (Hànyǔ Shuǐpíng Kǎoshì) adalah tes bahasa mandarin yang fungsinya untuk mengetahui kemampuan bhs mandarin kita ada di level berapa. Yaa.. ibarat TOEFL/IELTS gitu dee, cuma ini bhs mandarin hehehe.. HSK terbagi menjadi 6 level, level 1 adalah level terendah dan level 6 adalah level tertinggi.

15. HSK level berapa yang dibutuhkan untuk kuliah di China?

Tiap universitas memiliki kebijakannya masing-masing. Hanya saja berdasarkan pengalaman, minimal adalah HSK 4 (New HSK), meskipun ada universitas2 tertentu yang meminta HSK 5 (New HSK). Bergantung juga dengan jenjang pendidikan (S1, S2 atau S3), serta jurusan yang diambil. Untuk jurusan yang berhubungan dengan bisnis, biasanya HSK 4 sudah cukup, tapi kalau untuk jurusan yang berhubungan dengan ilmu sosial, biasanya min adalah HSK 5. Namun, tidak berhenti sampai di situ aja. Meski demikian, kita tetap harus terus meningkatkan level bhs mandarin kita. Karena sesaat sebelum kita lulus, ada univ2 tertentu yang meminta kita untuk lulus HSK level awal sebelum masuk + 1 level. Jadi misalnya nih, waktu awal masuk, univ minta HSK 4, ntar sesaat sebelum lulus, mereka akan meminta HSK 4+1= HSK 5, dst.

16. Saya tidak memiliki sertifikat HSK dan tidak bisa berbahasa Mandarin, bisakah saya mendaftar CGS?

Tentu saja bisa. Bagi kalian yang memiliki sertifikat HSK, bisa dikumpulkan bersama dengan berkas2 yang lain ketika mendaftar; sedangkan bagi kalian yang tidak memiliki sertifikat HSK dan tidak bisa berbahasa Mandarin, silakan memilih untuk mengikuti kelas bahasa Mandarin terlebih dahulu pada waktu mengisi formulir aplikasi CGS. Bila kalian memperoleh beasiswa CGS, kelas bahasa ini juga akan termasuk dalam beasiswa tersebut 🙂

17. Saya ingin mengambil program yang menggunakan bahasa Inggris. Apakah sertifikat HSK juga dibutuhkan?

Tidak perlu, tetapi biasanya mereka akan meminta TOEFL/IELTS atau semacamnya. Silakan menghubungi pihak universitas yang bersangkutan untuk informasi lebih lanjut mengenai syarat min. nilai TOEFL/IELTS yang diminta.

18. Setelah saya mencari informasi mengenai universitas di China, ternyata banyak sekali universitasnya, adakah tips bagaimana memilih universitas di China?

Hehehe… Universitas di China memang banyak bangeett, jadi susah milihnya juga :P. Mungkin beberapa hal yang bisa jadi pertimbangan kalian antara lain kualitas (peringkat) universitas, lokasi (kota yang kalian inginkan), serta biaya hidup. Mungkin ada teman-teman yang lebih suka tinggal di kota2 besar dan banyak anak Indo-nya, seperti Shanghai, Beijing, dan Guangzhou, atau mungkin ada yang lebih suka di kota-kota yang orang Indo-nya sedikit hehehe. Untuk biaya hidup, jelas tidak sama. Di kota2 besar seperti yang baru saya sebutkan itu, biaya hidupnya jelas lebih tinggi dibandingkan kota2 lainnya. Sebagai info aja, kalau teman2 tidak boros2 amat, makan seadanya aja, nggak sering2 shopping, biaya hidup di kota2 besar bisa mencapai RMB 1500-3000, ini dengan asumsi tanpa biaya asrama ya (kan beasiswa, jadi biaya asrama udah ditanggung hehehe). Namun, ada juga mereka yang hemat bangeett, sampe2 sebulan RMB 1000-1500 cukup 😀

NOTE: Informasi di atas saya bagikan berdasarkan pengalaman saya meng-apply beasiswa di tahun 2014, jadi bila ada informasi yang kurang akurat tolong dimaafkan ya guys hehehe. Tapi, saya selalu berusaha meng-update info2 tersebut bila memang ada pembaharuan. Bila ada info yang kurang akurat, monggo saya diberitahu di bagian komentar hehehe..

Bila ada pertanyaan, silakan meninggalkan komentar di bawah 😉

FAQ Chinese Government Scholarship (Part 1)

244 thoughts on “FAQ Chinese Government Scholarship (Part 2)

  1. kak saya sudah kirim email nih kok gak ada balasan yaaaahhhh??
    di balass ya kak sapa tau ntar kita bisa ketemu disana hehehee

    Like

  2. Berarti kalau daftar s1 harus lewat kedubes ya? Tdk bisa langsung kirim ke univ kak? Padahal dipostingan kakak bilang diprioritaskan untuk s3 kalau lewat kedubes

    Like

  3. Ce, kalau misalnya bisa berbahasa Mandarin (walaupun minim) 😀 hehe
    apakah bisa langsung ke univ atau ikut kelas Mandarin dulu?

    Like

  4. Wahh berarti kelas Mandarin ditambah S1 bisa hampir 7-8 tahun ya Ce.
    kira2 gimana ya cara mendapatkan sertifikat HSK secara cepat di Indo?

    Like

    • Saya tidak paham maksudnya. Maksudnya setelah ikut tes, kemudian ijazah keluarnya 1 tahun sejak tes hsk? Info dr mana ya? Kurang jelas yg dimaksud apa..

      Like

    • 1. Iya, seperti yg sudah tertera di bagian “How to apply”.
      2. “Disahkan oleh notaris”. Silakan googling lebih lanjut mengenai hal ini ya, supaya lebih paham 🙂

      Like

      • Oohh kalo udh diterjemahkan oleh penerjemah tersumpah udh pasti bisa di legalisir ya ci?
        Oh ya ci. Untuk lihat pengumuman open beasiswa china liat dmn ya ci? Soalnya aku cek di web kedubes kaya udh ga aktif gitu.. terakhir update feb 2016.
        Thank you ci

        Like

        • Oh ya ci sekaliann, kalau mau dafttat S1 apa perlu LoA juga?
          Diatas kan disebut kalah daftar S1 hanya bisa melalui kedubes saja, jadi kita sama sekali gabisa daftar s1 melalui univ ya? Terimakasih

          Like

          • Mungkin memang blm ada update terbaru ttg tanggal pendaftarannya, coba ditunggu saja 🙂 Silakan join grup wechat kita jg untuk update terbaru ya.

            LOA sifatnya opsional, silakan dilampirkan bila ada. Iya, S1 hanya bisa via univ.

            Like

  5. Permisi mba, izin tanya. kalau mendaftar di lebih 3 universitas (lewat multiple account CGS) apa bisa mengirim berkas via universitas dan kedubes sekaligus? jadi, satu akun via kedubes, satu lagi via univ? kira2 kalo begini untung ruginya apa ya? saya mikir gini krn barangkali bisa memperbesar peluang, artinya kalo via kedubes gak goal, maka via univ perlu dicoba. Atau gimana? Terimakasih.

    Like

  6. halo mau nanya FAQ ke 16 yang “Saya tidak memiliki sertifikat HSK dan tidak bisa berbahasa Mandarin, bisakah saya mendaftar CGS?”
    ini kemungkinan tidak ya saya mendapatkan peluang untuk belajar bahasa saja selama 1-2tahun mungkin, sedangkan saya tidak ada sertifikat HSK. dan biasanya kedubes china di jakarta mau apply yang seperti saya tidak ya ? lagi rencana mau bel bahasa pertengahan tahun ini.mohon di reply ya

    Like

  7. Halo mbak.. saya mau tanya.

    1. Ketika mau daftar master melewati pihak univ. Apakah berkas persyaratan sperti ijazah dll. harus di legalisir oleh embassy?
    2. Penutupan CGS via embassy kan 24 Maret ya mbak. Klo kita mau daftar pihak univ, Pas saya liat deadline univ 1 Maret. Apakah jadwal mengikuti univ ?

    Thanks

    Like

    • Pertanyaan selanjutnya
      3. Klo via univ, Ketika univ mensyaratkan nilai GRE, IELTS /HSK ,dan tambahan lainnya, apakah melampirkan langsung sesuai persyaratan univ? Atau tetap sesuai persyaratan embassy?
      4. Untuk STJU , kenapa pembiayaan full funded type A lebih besar ya mbak, dibanding B,C,D ? Dan type A kan harus via embassy..

      Like

  8. Cii,, komen ku kok nggak di bls ya??
    Surat rekomendasi dan pre-admission letter itu utk apa dan hrs minta ke siapa? Fyi, sy cm mau blajar bahasa 1thn. Tlg infonya yaa.. sy mau apply utk tahun ini soalnya.. thank u.

    Like

  9. Kira-kira selisih berapa bulan antara deadline program beasiswa dengan pengumuman lolos ke Tiongkok secara resminya?

    Like

  10. lily jie, misalnya mw apply buat S1 kan hrus lewat kedubes… untuk univ-nya kan d pilihkan kedubes, kalau untuk jurusannya gmn jie?
    lalu kira kira ad ndk ya univ yg menyediakan beasiswa S1?

    Like

  11. Halo kak, saya mau tanya bagian yang ini :
    “Notarized highest diploma (photocopy) – Documents in languages other than Chinese or English must be attached with notarized Chinese or English translations.”
    Ini ijazah S1 bukan kak? Kalo iya, ijazah S1 yang sudah berbahasa inggris berarti tidak membutuhkan jasa notaris lagi ya?

    Like

      • halo ci ijin bertanya, saya mau daftar s1 cgs terus jangka waktunya dr januari sampe maret aja,smisalnya disaat itu saya belim dapat ijazah sma gmn ci? mengirim nilai lapor aja jdnya? thnkyou ci

        Like

        • Bisa menggunakan nilai rapor semester 1-5, lalu ditambah dengan surat dari sekolah yang isinya menyatakan kalau tahun ini akan lulus atau surat pengganti yang sejenis 🙂

          Like

  12. Apakah sertifikat TOEFL berlaku apabila kita ingin apply jurusan Mandarin? misalnya Chinese Literature, dalam hal ini HSK saya masih belum lulus HSK 4.

    Like

  13. Malam kak, maaf kak mau tanya kalau mau apply beasiswa ini tanpa toefl dan hsk bisa engga ya kak? Tapi jurusan yang di ambil jurusan yang bahasa pengantarnya bahasa Inggris. Terus satu lagi deh tanggung kalau untuk akreditasi kampus yang sebelumnya jadi almamater itu berpengaruh ga kak dalam penerimaan beasiswanya? Ah ini yang terakhir banget, kalau rekomendasi itu wajib dosen yang professor atau bisa juga yang lain kak? Thx in advance.

    Like

    • 1. Bisa coba konfirmasi ke pihak univnya ya, bila tanpa TOEFL apakah boleh.
      2. Wah kalau ini kurang tau jg ya, karena pihak CSC tidak memberi keterangan apa-apa mengenai hal ini.
      3. Dosen (bukan profesor) juga bisa kok.

      Semoga berhasil!

      Like

  14. 1.Kak ada gak yang sma skli gk ktrima walaupun berkasnya sdh benar dan daftarnya gak lewat dari deadline?
    2.Trus yg mempengaruhi org dapat full scholarship atau yang partial scholarship itu apa yah? Apa karna nilai dri ijazah atau rapor?
    3. Klo dapat partial scholarship yang gk ditanggung itu apa dan brp kira2? Makasih

    Like

      • Hehehe. Trus satu lagi kak, biasanya buat dapat loa s1 dari univ itu berapa lama ya biasa dpat replynya ?

        Klo kita cantumkan loa di permohonan beasiswa peluangnya jadi besar kak ka?

        Bisa gk klo kita daftar beasiswanya dulu, nanti klo udh dpt loa bru dikrim ke kedubes lagi?

        Klo misalkan gk bisa loanyaa dikirim menyusul, kira2 sya masih dapat gk yah wktunya klo bru mau apply untuk loa sekitaran februari kemudian akhirnya apply beasiswanya?

        Makasih, maaf ya kak kepanjangan 😊

        Like

        • 1. Kalau berapa lama tergantung ya, sekarang sedang liburan, mungkin replynya bisa cukup lama.
          2. Besar atau tidaknya, saya tidak bisa menjamin hehehe. Hanya saja kalau memang permohonan beasiswa km diterima, km akan ditempatkan di univ yg ngasi km LOA, nggak dipindah-pindah ke univ lain.
          3. Daftar ke kampus? Silakan.
          4. Dicoba saja, siapa tau bisa 🙂

          Semoga berhasil.

          Like

          • Menurut kakak jadi masalah gk yah kalau kita brgkat dg bahasa mandarin yg bahkan hsk 1 aja gk dapat atau nol sama skli dan bhsa ingris yg pas2an? Tp nnti ambil persiapan slama 1 tahun itu.

            Like

  15. Selamat malam mbak lily, perkenalkan mbak nama saya Hendra Saya Lulusan F.Kep Universitas Riau, mohon Infonya dong mbak buat beasiswa S2 untuk keperawatan, dan kira kira bulan berapa pembukaan pendaftaran untuk S2 di CGS.

    Like

  16. Mbak aku mau nanya kan sblum daftar CGS kita harus daftar dan hubungi autorization di negara masing2. Cara ngehubungin ama dafatar.a di autoritas china indoneasia gmn ya?

    Like

  17. Maaf mbak komen sya yg terakhir berantakan. Maksud saya bisa tidak kalau yang lulusan jurusan ipa sma ambil jurusan soshum untuk beasiswa ini? Ada pengaruh gk yah kalau gk sejalur dengan jurusan waktu sma? Trus bedanya jurusan international relations dan diplomacy apa? Di situs csc ada univ yg menyediakan 2 jurusan ini.

    Like

    • 1. Seharusnya bisa ya. Bisa coba confirm lagi ke univ yg ingin dituju.
      2. Wah kurang tau kalau untuk masalah ini ya. Coba googling ya, latar belakang saya bukan bidang ini soalnya hehehe.

      Like

  18. halo, selamat malam ci lili , saya loufina saya mau bertanya kalau misalny saya mau ambil s2 di china melalui CGS apakah harus mengulang lagi dari S1 nya atau bisa langsung ci ? lalu kalau misalnya belum bisa bahasa mandarin apakah bisa ikut sekolah bahasa nya terlebih dahulu baru ikut univ nya ?

    mohon bantuan nya ci,

    thankyou ci ..

    Like

  19. Halo ce, mw nanya kalau utk chinese language training one year itu ada beasiswanya gk yah? Kalau ada beasiswanya apa yah? Bs tidak kalau saya apply melalui chinese government scholarship? Dan apakah kalau scholarship utk chinese language harus melalui kedubes atau lngsung saja ke universitas? Thanks in advance for your help ce

    Like

  20. Hi Lily, terima kasih informasinya. Saya mau tanya apakah physical exam harus di RS atau bs di klinik saja?
    Bgmn dg letter of guardians utk calon mhsw yg < 18 th? Terima kasih

    Like

  21. Terimakasih kaka atas infonya 😆 . Mau tanya, kalo misalnya ambil jurusan linguistik, komunikasi, dan jurusan yg berkenaan dg bahasa lainnya, minimal HSKnya berapa ya? Terimakasih.

    Like

  22. terima kasih telah membuat artikel yang sangat membantu, saya ada beberapa pertanyaan:

    jika sudah mendaftar via kedubes apakah boleh mendaftar kembali untuk langsung via universitasnya?

    dan apakah harus membuat dua akun di laihua? thanks

    Like

  23. Ci,kalau daftar langsung ke univnya berarti website pendaftarannya berbeda dengan yang di Kedubes? Tiap univ punya web sendiri2 untuk apply beasiswanya?

    Like

  24. Ci,kalau daftar langsung ke univnya berarti website pendaftarannya berbeda dengan yang di Kedubes? Tiap univ punya web sendiri2 untuk apply beasiswanya?

    Like

  25. Hallo ci, mau tanya untuk Program S2 yang dapat diambil itu harus sesuai dengan jurusan waktu S1 atau bisa ambil jurusan apa lain ya ci? Kebetulan saya dari teknik industri dan ingin apply program S2 international economics and trade . Kira2 bisa tidak ya?

    Mohon pencerahannya. Terimakasih ya cii.. 😉

    Like

    • Sebenernya bisa sih, ada bbrp yg bisa dan ada yg tidak. Tiap kampus memiliki ketentuan masing2. Sebaiknya coba kontak univ yg km ingin tuju, tanyakan apa kondisimu ini boleh di univ mrk 🙂

      Like

  26. ni hao ci lily!
    ci kalo misalnya mau nanya nanya ke kedubes untuk beasiswa s1 bisa lewat email atau telepon? soalnya saya tinggal di luar kota jakarta.
    xie xie ci

    Like

  27. Kak Lily, saya mau tanya. kan ada beasiswa yanh dikasiu lgsg sama pihak univ contohnya USTC. nah, kan suruh kirim dokumen via pos langsung ke univnya. kalo petunjuknya kek gitu lgsg aja ya kak, gosah ke kedubes china di jkt dulu. Itu berlaku buat s1-s3 kak soalnya aku bingung kak. sekalian mo tanya kak, di beasiswa USTC itu kan harus menyertakan sertifikat HSK5, boleh nggak kak kalo HSK nya melompat? jadi langsung ujian di tingkat 5 gitu?

    Like

      • Tanya satu hal lagi kak Lily, untuk beasiswa cgs, kan kalo blm bisa bhs. Mandarin harus ikut kursus bahasa dulu selama 1th. Nah, masuk perkuliahannya nanti berarti habis selesai kursus bahasa kak? Sama kalo pas kursus bahasa itu ntar kita tinggalnya tetep di asrama kampus ato cari akomodasi sendiri kak? Terimakasih kak Lily, maaf panjang. Soalnya saya bener” gatau

        Like

  28. hii ci lily, kalau transkrip nilai semester 1-5 sudah di terjemahkan lewat penerjemah tersumpah apa masih harus dinotaris atau sudah bisa langsung dikirim?

    Like

  29. hai cii, kalau mau daftar beasiswa s1 apakah HSK/TOEFL itu wajib? bagaimana kalau tidak punya? apa masih punya peluang diterima?

    Like

  30. Kalau daftar s2 program english taught, setelah diterima lansung kuliah? Gak ada persiapan kelas bahasa lagi? Apa ada tes masuk universitas? Kalau wawancara?

    Like

  31. kak mau tanya, itu diatas ada bagian yang kurang saya mrngerti. bagian s1 kenapa kok harus melewati kedubes?. oiya kak boleh minta kontaknyakah sewaktu ada pertanyyaan yang mendesak, saya langsung bertanya pada kakak. terimakasih

    Like

  32. teman teman, kalau sudah ada yang dapat hasil s1 tolong dikomen di sini ya. wechat gua lagi ga bisa… terimakasih sebelumnya

    Like

  33. Kak, saya mau tanya. Untuk pemilihan 3 universitas yang akan kita tuju, apakah kita bebas memilih universitas mana saja di china yang ingin kita tuju, atau hanya pada universitas tertentu saja? Terima kasih 😊

    Like

  34. Kak, saya mau tanya. Saya sudah tes HSK 5, tp thn 2017 kmrn. Itu kira2 apa boleh disertakan buat syarat beasiswa CGS thn 2020 ini? Soalnya denger2 HSK itu “kadaluarsa”nya 2 thn 😂

    Like

  35. Ci aku mau tanya, untuk jurusan art musik/art lainnya itu wajib kirim portofolio ya? Itu maksudnya seperti apa ya portofolionya? Bentuk apa dan yg dicantumkan di portofolionya apa saja? Mhon dibantu ci, thx

    Like

  36. Halo kak, ada 2 hal yang ingin saya tanyakan.
    1. Kakak kan S2 jurusan psikologi perkembangan dan pendidikan, apakah itu mempelajari ttg psikologi dalam mendidik/dunia pendidikan?
    2. Apakah lulusan S1 pendidikan bahasa sprti saya bisa ambil jurusan S2 tersebut?

    Terimakasih ^^

    Like

    • 1. Tiap kampus kurikulumnya beda ya, kalau aku dulu lebih mengarah ke perkembangan.
      2. Bisa saja, kalau memang ada dasar ttg psikologi boleh dicoba.
      Semoga sukses!

      Like

  37. Ka. Mau tny kalo sudah daftar CGS yg type A .
    Sekarang mau daftar langsung ke University nya lagi boleh ga ? Tdk melalui CGS.
    Buat dapat kepastiannya diterima atau tidak

    Like

  38. Kak, kalau kita udah keterima csc misal, itu masih ada tes2 juga kh?. Semoga dijawab, terimakasih sebelumnya.

    Like

  39. Kak, aku mau nanya saat apply untuk rapor itu diwajibkan dilampirkan sampai semester 5 atau semester 4 saja tidak apa apa ?

    Like

  40. ci mau tanya, itu HSK nya hanya berlaku 2 tahun, jadi kalau saya mendapatkan sertifikat HSK4, tapi saya lulusnya 3 tahun kedepan, apa masih berlaku untuk beasiswa diuniv?

    Like

  41. Halo Ci Lily, mau tanya kalau semisal kita dapet CGS nya, apakah IPK selama kuliah harus tetap bagus? Kalau ada yang jeblok misalnya, apa nanti bakal dicabut beasiswanya? 谢谢 Cii.

    Like

    • Halo. Daftarnya via mana ya? Kalau untuk CGS 2020, pengumuman sudah keluar semua ya. Bisa langsung ditanyakan ke pihak yang bersangkutan 🙂

      Like

  42. Kak apakah untuk pemeriksaan fisik orang asing, kita mesti periksa di rumah sakit? Soalnya saya udah terlanjur periksa di klinik kak

    Like

  43. Kak apakah untuk pemeriksaan fisik orang asing, kita mesti periksa di rumah sakit? Soalnya saya udah terlanjur periksa di klinik kak

    Like

  44. kak saya ingin bertanya, persyaratan yang tertera mengharuskan kita untuk melampirkan study plan or research proposal. saya ingin bertanya, research proposal yang dimaksud itu proposal rencana penelitian atau seperti motivation letter kak?

    Like

    • Seperti proposal penelitian. Boleh juga melampirkan motivation letter jika ada. Bisa dicek juga apakah ada ketentuan khusus yang diminta oleh pihak univ mengenai isi study plan/research proposalnya mencakup apa saja.

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s