Must-Have Chinese Apps

1. Dictionary – Pleco, trainchinese

trainchinese

trainchinese

pleco

Pleco

Kamus Mandarin-Inggris dan Inggris-Mandarin. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Untuk sehari-hari, gw lebih sering pake Pleco, tapi untuk melihat cara penulisan hurufnya (笔画), gw pake trainchinese, karena di Pleco fitur ini tidak tersedia secara gratis 😛 . Selain kedua aplikasi ini, masih ada juga aplikasi kamus yang lainnya, tapi sepertinya dua aplikasi ini yang paling populer 🙂

2. Chat Apps – WeChat (微信), QQ Messenger

Screen Shot 2016-07-19 at 10.39.21 PM

QQ Messenger

WeChat

WeChat

Dua aplikasi chat yang paling sering digunakan di China. Memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kedua aplikasi ini juga kaya fitur, seperti bisa isi pulsa, beli tiket bioskop, pesan taksi, dll. Untuk sehari-hari (chat sama teman), gw lebih suka tampilannya WeChat, terlihat lebih simple aja. Tapi untuk transfer data, untuk keperluan tugas dsb, lebih enak menggunakan QQ karena kita bisa transfer file yang ukurannya besar (100mb++).

3. Online Payment Apps – Alipay (支付宝), WeChat Wallet (微信支付)

wechat wallet

WeChat Wallet

alipay

Alipay

Berfungsi sebagai alat pembayaran, sejenis Paypal. Fungsinya yang utama yaitu untuk melakukan pembayaran ketika membeli barang secara online. Fungsi lainnya yaitu kita tidak harus membawa uang dalam jumlah besar ketika pergi berbelanja atau makan, karena sudah cukup banyak toko dan restoran yang menerima pembayaran dengan metode ini. Menurut gw sih, lebih banyak toko yang menerima pembayaran dengan Alipay daripada WeChat Wallet, tapi jumlah toko yang menerima pembayaran dengan WeChat Wallet makin lama juga makin banyak kok. Oh ya, Alipay juga bisa digunakan untuk membeli tiket bioskop, pesan taksi, isi pulsa, dan masih banyak fungsi lainnya.

4. Taxi Apps – Dididache (滴滴打车), Uber (优步)

uber

Uber

滴滴打车

Dididache

Sebuah aplikasi yang “wajib” ada di handphone kalian 😀 . Pasti kalian udah pada tau ini aplikasi untuk apa hahaha. Yup, aplikasi untuk pesan taksi. Selain, memudahkan kita untuk pesan taksi, biayanya pun (jauh) lebih murah daripada harga taksi pada umumnya. Apalagi kalau kita pilih “carpooling”, nggak takut diputer-puterin deh rute perjalanan kita, mau macet atau apapun, harganya tetap sama seperti yang tertera ketika kita pesan. Gw sendiri make dua aplikasi ini, namun akhir-akhir ini gw lebih sering menggunakan Uber karena satu alasan sederhana… harga relatif lebih murah 😛

5. Bus Tracking Apps – Chelaile (车来了), Pandabus (熊猫出行)

pandabus

Pandabus

车来了

Chelaile

Dengan aplikasi ini, kita bisa mengetahui posisi bus dan berapa lama bus akan sampai di halte tempat kita menunggu. Akurasinya memang tidak bisa dibilang 100% akurat. Yaa… namanya lalu lintas, bisa aja ada macet dsb, tapi secara keseluruhan fungsinya masih oke kok. Sebenernya gw belum pernah menggunakan aplikasi Pandabus, karena ketika pake Chelaile, gw merasa aplikasi tersebut sudah cukup bagus, jadi males nyobain aplikasi lain hehehe.

6. Online Shopping Websites – Taobao (淘宝), Tmall (天猫)

tmall

TMall

taobao

Taobao

Situs paling populer untuk berbelanja online di China, tersedia mobile apps-nya juga. Pilihan barang yang dijual banyak bangett, mulai dari pakaian, kosmetik, makanan, alat olahraga, barang elektronik, dan masih banyak yang lainnya. Untuk belanja kebutuhan bulanan, jika malas ke supermarket, bisa mengunjungi kedua situs tersebut. Sebenarnya masih banyak lagi situs belanja online lainnya, seperti Amazon, JD (terutama untuk barang elektronik), dll.

7. Food Delivery Apps – Meituan Waimai (美团外卖), Baidu Waimai (百度外卖), Eleme(饿了么) 

eleme

Eleme

baidu waimai

Baidu Waimai

meituan

Meituan Waimai

Satu lagi aplikasi yang “wajib” di-download 😛 . Aplikasi ini memudahkan kita untuk memesan makanan, apalagi ketika cuaca sedang tidak bersahabat (hujan, turun salju, maupun panas terik). Ketika lagi sakit atau lagi mager (males gerak), aplikasi ini juga pastinya sangat bermanfaat. Baik Meituan Waimai, Baidu Waimai, maupun Eleme memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tapi bila disuruh memilih salah satu dari tiga aplikasi tersebut, mungkin gw akan lebih milih meituan waimai 😉

8. Music App – Kugou (酷狗), QQMusic (QQ音乐)

qq

QQMusic

kugou

Kugou

Ini nih aplikasi bagi kalian yang suka ndengerin lagu, terutama lagu mandarin. Koleksi lagu mandarinnya banyaakk bangett hahaha. Bisa nampilin lirik lagu, MV (music video), dan banyak lagu bisa di-download juga. Lagu-lagu barat, korea, dan indo juga ada kok. Kedua aplikasi ini bisa di-download di laptop dan HP. Gw sendiri pengguna keduanya, karena kalau nyari lagu di aplikasi yang satu nggak nemu, langsung nyari di aplikasi yang satunya lagi, jadi saling melengkapi gitu dah hahaha.

9. Video Site – Youku (优酷)

youku

Youku

Sejenis Youtube, tapi made in China gitu 😀 . Bagi kalian yang suka nonton film Mandarin, cocok deh mampir ke situs ini. Ada mobile app-nya juga yang bisa di-download. Selain film Mandarin, ada juga kok film-film Barat. Malah kadang untuk nonton film Barat, gw lebih milih nonton di Youku karena buffering-nya lebih cepet. Film-filmnya ada juga yang bisa di-download dengan mudah. Situs ini juga cocok bagi kalian yang pengen ningkatin kemampuan bahasa Mandarin dengan cara nonton film 🙂 . Selain Youku, alternatif situs lain yang sejenis adalah Tudou (土豆) dan iQIYI (爱奇艺).

10. VPN – Astrill, Psiphon, Betternet, dll

betternet

Betternet

psiphon

Psiphon

astrill

Astrill

VPN! Yup, aplikasi wajib bagi kalian untuk membuka situs ataupun aplikasi yang diblokir di China, seperti google, facebook, twitter, youtube, blogspot, play store dll. Sebenernya ini bukan termasuk Chinese apps sih 😛 , cuma gw cantumin aja di sini mengingat pentingnya aplikasi yang satu ini. Banyak aplikasi VPN yang tersedia, mulai dari yang gratis hingga yang berbayar. Saran gw sih, aplikasi ini sebaiknya di-download sebelum kalian tiba di China, biar nggak repot nantinya.

Semoga bisa jadi referensi buat kalian semua

 

12 thoughts on “Must-Have Chinese Apps

  1. ci, bisa minta contactnya cici? sya mau ke guangzhou tanggal 25 agustus, mau sekolah bahasa di SCNU guangzhou, sya mau tanya ada tidak beasiswa S1 yang bisa sya daftar , agar nanti setelah lulus sekolah bahasa bisa langsung lanjut beasiswa 😊

    Like

  2. Hi ci, rencana nanti aku masukin sekolah disana. Mau tanya apa benar WhatsApp udah diblokir ya?

    Jadi sebaiknya aplikasi yang utama seperti di atas harus kita download pas di Indonesia aja ya??

    Ditunggu balasannya, terimakasih 😊

    Like

Leave a comment